Tuesday, May 28, 2019

Mengenal Metode Diet DEBM

Mengenal Metode Diet DEBM


Belakangan ini sedang popular berbagai metode diet untuk menurunkan berat badan. Salah satunya adalah metode diet DEBM. DEBM sendiri merupakan singkatan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. Diet jenis ini menjadi popular karena diklaim dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 KG dalam seminggu. Diet DEBM bekerja dengan cara membatasi asupan karbohidrat yang masuk kedalam tubuh. Karena pada metode ini diyakini bahwa karbohidrat merupakan penyebab utama dari kenaikan berat badan. Namun, jika hanya mengonsumsi buah dan sayur, hormone dalam tubuh kita akan terganggu pembentukannya. Untuk itulah pada metode ini sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak dan protein yang digunakan sebagai bahan bakar energy pengganti karbohidrat.

Prinsip diet DEBM yang perlu anda ketahui adalah :
  • Melakukan pola makan tanpa asupan karbohidrat sama sekali.
  • Selalu melakukan sarapan tanpa karbohidrat.
  • Menyertakan protein hewanisetiap kali makan ataupun sebagai camilan.
  • Sayuran yang dianjurkan dalam diet ini adalah wortel, buncis, brokoli, dan sayuran berdaun.
  • Buah yang dilarang karena tinggi karbohidrat adalah pisang, papaya, melon, dan semangka.
  • Penggunaan bumbu pengawet buatan, vetsin, garam, hingga kopi tidak dibatasi sama sekali.
  • Beberapa pola makan diatur dengan pembatasan diet berdasarkan jam makan malam.

Diet DEBM telah sukses dilakukan oleh banyak orang untuk menurunkan berat badan. Tetapi diet ini memiliki efek samping bagi kesehatan. Jika dilihat dari prinsipnya, diet ini termasuk dalam kategori diet yang sangat rendah karbohidrat. Umumnya penerapan diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk menurunkan berat badan, terutama pada orang yang mengalami obesitas. Namun, asupan karbohidrat yang dibatasi secara ketat dapat mempengaruhi metabolisme zat gizi menjadi tidak seimbang. Hal ini akan membuat tubuh terasa lemas, pusing, hingga pingsan. Sedangkan dalam jangka panjang, berbagai organ tubuh dan pembentukan tulang bisa terganggu. Diet rendah karbohidrat juga diketahi dapat membuat berat badan berfluktuasi, naik dan turun.


Berikut ini merupakan cara untuk melakukan diet DEBM, yaitu :

1. Jauhi karbohidrat, namun konsumsi makanan tinggi lemak

Diet DEBM menganjurkan anda untuk mengonsumsi lemak dan protein tinggi, serta jauhi karbohidrat. Diet ini memiliki prinsip menggunakan lemak sebagai sumber energy, bukan karbohidrat.

2. Pantangan DEBM

Setiap jenis diet pasti memiliki pantangan, tidak terkecuali dengan diet DEBM. Diet jenis ini menganjurkan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti tepung, kentang, singkong, ubi, beras, dan gula. Buah - buahan juga tidak luput enjadi pantangan pada diet DEBM seperti pisang, semangka, mangga, pepaya, dan melon.

3. Makanan pengganti karbohidrat dan buah

Makanan penggantinya cukup mudah. Anda dapa tmengkonsumsi berbagai jenis sayuran, seperti wortel, buncis, sayuran daun, lobak, dan rebung. Sementara sebagai pengganti buah - buahan, anda dapat menggantinya dengan buah alpukat, stroberi, apel, dan pir.

4. Perbanyak lemak dan protein tinggi

Diet DEBM justru menganjurkan anda untuk mengonsumsi makanan dengan lemak tinggi, dibanding kan dengan diet jenis lain yang justru harus menjahui makanan berlemak. Makanan tinggi lemak yang bisa anda konsumsi dalam diet ini adalah telur, daging ayam, ikan, alpukat, dan keju.

5. Jangan lewatkan sarapan dan makan malam


Diet DEBM menfanjurkan anda supaya jangan sampai anda melewatkan waktu sarapan dan makan malam. Agar usaha menurukan berat badan anda berjalan secara maksimal, sebaiknya anda ikuti aturan berikut. Setelah bangun tidur, kamu diwajibkan untuk sarapan. Beberapa men yang dianjurkan antara lain ayam, telur, ikan, keju, alpukat, dan berbagai jenis daging lainnya. Sementara untuk makan malam anda disarankan untuk membatasi konsumsi karbohidrat dan disarankan waktu maksimal makan malam anda adalah pukul 6 sore.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search