Tuesday, May 14, 2019

Cara Melakukan Pijat Refleksi Secara Mandiri

Cara Melakukan Pijat Refleksi Secara Mandiri


Aktivitas kerja yang padat, stress akibat kemacetan lalu lintas, banyaknya tugas kuliah, tentu membuat sebagian orang mengalami rasa lelah dan pegel - pegal. Jika rasa lelah dan pegal - pegal ini dibiarkan, hal ini dapat mengakibatkan turunnya produktivitas kerja, bahkan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Salah satu cara untuk menghilangkan rasa lelah dan pegal  pegal akibat aktivitas selama seharian adalah dengan melakukan pijat refleksi. Anda dapat datang ke tempat pijat refleksi dan membayarkan sejumlah uang untuk mendapatkan pelayanan pijat refleksi tersebut. Tetapi, anda juga dapat melakukan pijat refleksi ini secara mandiri di rumah anda. Berikut ini akan dibahas mengenai cara melakukan pijat refleksi secara mandiri.

Pijat refleksi memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh anda. Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang akan anda dapatkan jika anda melakukan pijat refleksi, yaitu :

1. Melepaskan stress

Anda dapat melepaskan stress dengan cara memijat kaki anda. Memijat kaki bermanfaat untuk mengurangi kecemasan dan memunculkan sensasi rileks yang menyenangkan bagi tubuh. Penting untuk diketahui bersama bahwa dibawah telapak kaki terdapat sebuah titik yang dinamakan solar plexus. Solar plexus ini merupakan sebuah titik yang menjadi sumber stress pada seluruh bagian tubuh. Jika anda rutin memijat pada kaki anda, anda dapat membuang stress dari tubuh anda secara perlahan - lahan.

2. Meningkatkan dan memperlancar sirkulasi darah

Aliran darah membawa banyak nutrisi dan oksigen untuk dibagikan ke berbagai sel - sel didalam tubuh. Darah juga berfungsi untuk membersihkan kotoran dan racun dari dalam tubuh. Ketika anda mengalami stress, darah akan mengalir secara terbatas dan tidak dapat bekerja secara optimal. Maka dari itu, pijat refleksi merupakan salah satu cara untuk memperlancar peredaran darah anda.

3. Mengurangi rasa nyeri

Pijat refleksi pada kaki juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Pemijatan pada kaki dapat mengeluarkan lebih banyak hormone endorphin. Hormon endorphin ini berguna untuk memblokir sinyal rasa sakit ke otak. Hal ini membuat rasa nyeri yang dialami oleh seseorang menjadi berkurang.

Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk melakukan pijat refleksi secara mandiri di rumah anda :

4. Awali dengan mandi air hangat

Untuk meregangkan otot, awali dengan pijat menggunakan air hangat. Jika memungkinkan, kamu bisa melanjutkan dengan berendam pad air garam. Larutan ini dipercaya dapat menghilangkan rasa sakit. Setelah mandi, badan anda akan terasa lebih rileks dari sebelumnya, dan anda dapat maju ke tahapan berikutnya.

5. Siapkan minyak pijat atau body lotion

Siapkan minyak urut untuk melakukan pemijatan seperti minyak zaitun, balsem, atau lotion. Selain utnuk memanaskan tubuh, minyak juga dapat memudahkan dalam pemijatan karena dapat membuat badan menjadi licin. Teteskan minya pada telapak tangan dan gosokkan pada kedua telapang tangan anda untuk mengawali pemijatan.

6. Untuk mengurangi sakit kepala, anda dapat memijat bagian bahu dan leher

Jika nda mengalami rasa lelah dan pegal disertai rasa sakit pada kepala, pijat juga bagian leher dan bahu. Gunakan tangan kiri untuk memijat bahu kiri dan leher kiri, begitu juga sebaliknya. Lakukanlah dengan lembut dan agak kuat.

7. Untuk bagian telapak kaki, pusatkan pada tiga bagian berikut

Pemijatan pada area telapak kaki dapat dipusatkan pada tiga bagian berikut :
  • Untuk bagian telapak kaki, pijat dengan menggunakan jempol jari tangan. Tekan - tekan dengan tenaga secukupnya dan jangan terlalu keras.
  • Untuk bagian tumit, genggam dengan tangan dan pijat secara merata.
  • Untuk bagian jari kaki, gerakkan dan putarkan jari kaki ke atas, bawah, kiri dan kanan dengan tangan, lalu tarik jari kaki dan pijat antara celah satu jari dengan jari lainnya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search