Tuesday, May 14, 2019

Cara Mengatasi Cedera Pada Pergelangan Tangan

Cara Mengatasi Cedera Pada Pergelangan Tangan


Semua orang pasti tidak ingin mengalami cedera, karena cedera terasa sangat mengganggu dan menyakitkan. Tetapi adakalanya karena suatu hal, kita tetap mengalaminya. Salah satu kasus cedera yang sering terjadi adalah cedera pada pergelangan tangan. Cedera pada pergelangan tangan dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai hal, seperti kecelakaan saat mengendarai sepeda motor, kecelakaan saat berolahraga, salah dalam posisi mengetik komputer saat bekerja, dan berbagai penyebab lainnya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara untuk mengatasi dan mengobati cedera pada pergelangan tangan.

Pergelangan tangan sakit merupakan keluhan yang umum terjadi. Kondisi ini sering disebabkan oleh keseleo atau patah tulang akibat cedera yang terjadi secara tiba - tiba. Akan tetapi, cedera pada pergelangan tangan juga bisa disebabkan oleh masalah jangka panjang, seperti stress yang berulang, arthritis, dan carpal tunnel sindrom. Rasa sakit ini dapat mempengaruhi aktivitas sehari - hari karena dapat membatasi rentang gerakan pergelangan tangan.

Pergelangan tangan terbentuk dari 8 tulang kecil. Tulang - tulang ini memberikan sokongan pada saluran yang disebut carpal tunnel yag membentang dari pergelangan tangan ke bagian bawah telapak tangan. Carpal tunnel merupakan salah satu saluran yang penting, karena saraf - saraf dan tendon terkandung didalamnya. Nyeri pergelangan tangan dimulai dengan pembengkakan dan memar di pergelangan tangan. Bentuk sendi yang tidak normal atau kesulitan menggerakkan pergelangan tangan bisa menjadi tanda dari patah tulang.

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit pada pergelangan tangan yang disesuaikan dengan penyebabnya :

1. Cedera karena kecelakaan
  • Istirahatkan pergelangan tangan dan posisikan lebih tinggi dari siku.
  • Terapkan compress es pada daerah cedera atau bengkak.
  • Minum obat anti nyeri seperti ibu profen atau acetaminophen.
  • Kenakan pembebat tangan selama beberapa hari. Wrist splints dapat dibeli dibanyak toko obat dan toko peralatan medis.

2. Sakit pergelangan tangan karena radang sendi atau arthritis
  • Temui ahli terapi fisik untuk mengetahui latihan yang paling aman dalam mengatasi masalah pada pergelangan tangan.
  • Lakukan latihan pergerakan sendi pergelangan tangan setelah mandi air hangat sehingga pergelangan tangan tidak kaku.
  • Jangan lakukan latihan aktif ketika pergelangan tangan meradang.
  • Istirahatlah dari segala aktivitas yang memberi beban pada pergelangan tangan anda.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search