Monday, May 27, 2019

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Puasa


Saat menjalani ibadah puasa, terkadang kita sering mengalami sakit pada tenggorokan. Sakit pada tenggorokan ini umumnya disebabkan karena kondisi tenggorokan yang kering. Kondisi ini dapat diperparah jika terdapat infeksi bakteri atau virus dan dapat berkembang menjadi radang tenggorokan. Radang tenggorokan dapat terjadi karena kurangnya asupan cairan atau makanan dan membuat produksi air liur menurun. Hal ini membuat selaput lendir pada tenggorokan menjadi mengering.

Selaput lendir pada tenggorokan yang mongering tersebut, ternyata dapat membuat kuman lebih mudah berkembang dalam mulut. Perlu anda ketahui bahwa air liur memiliki sifat anti bakteri yang bisa mencegah masalah bau mulut dan radang tenggorokan. Banyaknya kuman yang menumpuk inilah yang akhirnya menyebabkan infeksi dan memicu timbulnya radang tenggorokan. Pada dasarnya, radang tenggorokan bukanlah infeksi serius. Penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu.

Meskipun penyakit radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya, dalam beberapa kasus penyakit radang tenggorokan bisa menyebabkan komplikasi yang cukup mengkhawatirkan. Terlebih jika anda mengidap penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS. 


Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati sakit tenggorokan anda saat sedang berpuasa, yaitu :

1. Bernafas lewat hidung

Selama anda berpuasa, jangan bernapas lewat mulut. Bernapas lewat mulut dapat membuat tenggorokan anda semakin kering dan terasa sakit. Bila anda sedang pilek, mungkin anda secara tidak sadar akan mencoba bernapas melalui mulut. Maka pastikanlah anda supaya bernapas melalui hidung. Gunakan inhaler untuk mengobati pilek anda. Karena penggunaan inhaler tidak membatalkan puasa.

2. Kenakan masker dan kurangi bicara

Seperti halnya bernapas lewat mulut, banyak berbicara juga akan membuat tenggorokan semakin terasa kering. Hal ini disebabkan karena ketika anda berbicara, udara dan partikel asing lain seperti debu akan masuk ke dalam tenggorokan melalui mulut. Oleh karena tu, sebisa mungkin batasi berbicara selama anda mengalami radang tenggorokan. Selalu kenakan masker supaya mulut anda terhindar dari masuknya berbagai partikel asing yang tersebar di udara.

3. Hindari udara atau ruangan yang kering

Ruangan atau cuaca yang kering dapat membuat produksi air lindur dan lendir tenggorokan berkurang. Akibatnya, peradangan menjadi semakin parah. Untuk itulah, anda harus menghindari ruangan atau tempat terbuka yang udaranya kering.

4. Berkumur dengan air garam


Air garam terbukti dapat mengurangi iritasi dan peradangan di tenggorokan. Anda dapat berkumur dengan air garam yang sudah dilarutkan dengan segelas air hangat saat sahur, buka puasa, dan sebelum tidur.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search