Monday, May 13, 2019

Cara Menolong Orang Yang Mengalami Overdosis Obat

Cara Menolong Orang Yang Mengalami Overdosis Obat


Ketika seseorang mengalami gejala atau gangguan kesehatan, pasti hal yang paling pertama dicari adalah obat. Obat adalah suatu zat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit. Pemakaian obat sangat dianjurkan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan, selama tidak berlebihan. Jika pemakaian obat dilakukan secara berlebihan atau melebihi dosis yang dianjurkan, maka akan terjadi akibat fatal yaitu overdosis obat. Overdosis atau kelebihan dosis adalah gejala terjadinya keracunan akibat obat yang melebihi dosis yang dapat diterima oleh tubuh.

Seseorang yang mengalami overdosis obat sangat berbahaya untuk kesehatan dirinya sendiri, karena overdosis obat dapat berakibat pada kematian. Untuk itulah diperlukan cara untuk menetralisir gejala keracunan obat. Menetralisir overdosis obat dilakukan agar tubuh tetap sehat, sebab penggunaan obat secara berlebihan dapat membahayakan nyawa seseorang. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai cara efektif untuk menolong orang yang mengalami overdosis obat.

Bagi anda yang mengalami suatu penyakit namun tidak kunjung sembuh walaupun telah mengkonsumsi beberapa jenis obat - obatan, hal yang harus anda ingat adalah jangan sekali - kali menambah konsumsi obat tanpa resep dokter. 

Tetapi jika hal tersebut terlanjur dilakukan, atau anda terlanjur mengalami overdosis obat, berikut ini merupakan beberapa upaya untuk mencegah dan menetralisir terjadinya overdosis obat, yaitu :

1. Hentikan Penggunaan

Ketika anda mengkonsumsi obat - obatan tetapi tidak kunjung sembuh, anda jangan sekali - kali untuk menambah dosisnya, karena hal tersebut dapat menyebabkan anda mengalami overdosis obat. Langkah terbaik yang dapat anda lakukan adalah menghentikan pemakaian obat tersebut. Kolsultasikanlah apa yang anda alami kepada dokter anda untuk menemukan obat atau metode yang tepat untuk mengatasi penyakit anda.

2. Konsumsi obat penangkal

Ada beberapa jenis obat penangkal yang dapat dikonsumsi jika anda mengalami overdosis obat. Untuk mengetahui obat penangkal apa saja yang dapt anda gunakan untuk mengatasi overdosis obat, anda perlu mengkonsultasikannya kepada dokter anda, supaya dokter dapat memberikan obat penangkal berdasarkan obat yang anda konsumsi sebelumnya. Jangan sekali - kali mencari obat penangkal overdosis sendiri, karena hal tersebut dapat membahayakan nyawa anda.

3. Muntahkan

Cara termudah untuk menetralisir overdosis atau keracunan obat adalah dengan cara memuntahkannya. Cara yang dapat anda lakukan untuk memicu anda muntah adalah dengan cara menyolok area tenggorokan anda dengan jari hingga anda muntah. Cara ini bertujuan untuk menghindari terjadinya penyerapan obat secara berlebih oleh lambung.

4. Mengkonsumsi susu

Mengkonsumsi susu merupakan salah satu cara untuk menangani terjadinya overdosis obat yang anda derita. Hal ini disebabkan karena didalam susu mengandung antidotum. Antidotum adalah zat yang biasa digunakan untuk membantu orang yang mengalami keracunan atau overdosis obat. Kandungan antidotum yang terdapat didalam susu berfungsi untuk menangkap partikel obat yang terdapat pada tubuh. Setelah racun - racun tersebut diserap oleh susu, selanjutnya racun tersebut akan dibuang keluar tubuh melalui feses atau kotoran.

Apabila ada keluarga atau kerabat anda yang mengalami gejala keracunan obat, anda dapat melakukan beberapa hal berikut sebagai pertolongan pertama :
  • Jaga jalan pernapasan dan lakukan pernapasan buatan jika diperlukan.
  • Usahakan korban tetap tersadar, gunakan lap atau handuk basah untuk menyeka wajahnya.
  • Ajak korban berbicara jika memungkinkan.
  • Tanyakan jenis obat yang dipakai dan jumlahnya.
  • Jika korban masih dalam pengaruh obat, dan mulutnya masih penuh dengan sisa - sisa obat, keluarkan dengan cara mengoreknya menggunakan jari. Usahakan jangan sampai membuat korban tersedak.
  • Jika merasa situasi tidak aman atau membahayakan, segera cari bantuan medis.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search