Monday, May 13, 2019

Tanam TOGA Di Pekarangan Anda Dan Rasakan Manfaatnya

Tanam TOGA Di Pekarangan Anda Dan Rasakan Manfaatnya


TOGA merupakan singkatan dari tanaman obat keluarga. Tanaman obat keluarga sendiri merupakan sekumpulan tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan herbal, baik untuk penyakit ringan sampai penyakit kronis. Sejak zaman dahulu sebelum ditemukannya obat - obatan modern, masyarakat Indonesia sering menggunakan berbagai jenis tanaman obat untuk mengobati penyakit yang dideritanya. TOGA sendiri biasanya ditanam di pekarangan rumah, didalam pot, maupun secara hidroponik. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa tanaman yang termasuk sebagai tanaman obat keluarga beserta manfaatnya.

Memiliki tanaman obat keluarga dihalaman rumah atau pekarangan anda, tidak akan merugikan anda. Tetapi sebaliknya, justru akan menguntungkan anda. Sebab, selain untuk dijadikan obat bagi anda sendiri, anda juga bisa menjadikannya sebagai lahan penghasilan tambahan. 

Penggunaan obat herbal tidak akan pernah surut, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu :
  • Harga obat tradisional lebih murah dibandingkan dengan obat - obatan kimia yang berasal dari pabrik.
  • Tanaman obat alami tidak memiliki efek samping, sehingga para penggunanya tidak perlu merasa khawatir dengan dampak buruk yang terjadi meskipun mengkonsumsi obat dalam jangka waktu lama.

Berikut ini merupakan beberapa contoh tanaman yang termasuk kedalam kelompok tanaman obat keluarga beserta manfaatnya, yaitu :

1. Kunyit

Kunyit merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata juga berkhasiat sebagai obat herbal yang dapat mengatasi berbagai penyakit, seperti anti mikroba, pencegah kanker, mengatasi penyakit maag, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah, antioksidan, mengatasi rasa mual, pembalut luka, dan dapat menghilangkan rasa gatal pada kulit.

2. Jahe

Tanaman ini sudah cukup terkenal dikalangan pecinta obat - obatan herbal. Jahe sering diolah menjadi minuman yang dapat menghangatkan badan dan dapat menghilangkan masuk angin. Beberapa jenis makanan dan minuman olahan yang mengandung jahe seperti susu jahe, wedang jahe, kopi jahe, permen jahe, dan sebagainya. Selain rasanya sangat lezat, olahan jahe tersebut tentunya memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

3. Kencur

Tanaman obat ini dapat digunakan sebagai bumbu masakan yang umumnya digunakan untuk membuat sayur bening. Beberapa khasiat dari tanaman kencur diantaranya adalah untuk memperlancar haid, menghilangkan rasa lelah, mengatasi batuk, dan anti peradangan lambung.

4. Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman obat. Ketika diolah menjadi jamu, temulawak memiliki rasa yang pahit. Di dalam temulawak sendiri, terkandung zat aktif berupa kurkumin yang terbukti berkhasiat sebagai obat anti peradangan seperti mengatasi keracunan empedu dan membantu mengobati penyakit hepatitis B.

5. Lengkuas


Lengkuas merupakan salah satu tanaman yang sering kita temukan pada masakan rendang. Namun, tahukan anda, bahwa ternyata lengkuas memiliki beberapa jenis zat aktif seperti galangol, methyl cinnamae,  galangin, sineol, kamfer, seskuiterpen, kadien, resin, heksabidrokadalen hidrat, dan amilum yang terbukti ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit, diantaranya melancarkan peredaran darah, membuang toksin dan radikal bebas dari dalam tubuh, penambah nafsu makan, menyembuhkan rematik dan limfa, meredakan diare, mengatasi mabuk darat dan laut, serta dapat mencegah tumor. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman yang termasuk kedalam jenis tanaman obat keluarga, dan akan dibahas pada kesempatan berikutnya. 



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search