Monday, May 13, 2019

Mengenal Beberapa Jenis TOGA Bagian Dua

Mengenal Beberapa Jenis TOGA Bagian Dua


Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai beberapa jenis tanaman toga beserta khasiatnya yaitu asam jawa, seledri, daun kelor, kumis kucing dan tanaman balsem. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa tanaman obat yang termasuk dalam kelompok toga memiliki manfaat yang sangat besar untuk membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan, ketika perkembangan zaman sudah sedemikian modern seperti ini, pemanfaatan tanaman toga oleh masyarakat tidak pernah surut.

Banyak para praktisi kesehatan yang berusaha untuk memanfaatkan tanaman toga menjadi bahan dasar dari obat - obatan modern. Bahkan terdapat beberapa industry besar yang memanfaatkan tanaman toga utnuk diolah menjadi berbagai makanan dan minuman kesehatan. Pada kesempatan kali ini akan kami tambahkan pengetahuan anda mengenai tanaman toga untuk melengkapi artikel sebelumnya.

Sebuah rumah tentunya akan tampak asri jika ditanami dengan berbagai tanaman baik di pekaranagn maupun didalam ruangan. Buah - buahan, tanaman berdaun, hingga bunga dapat anda jadikan pilihan untuk menghijaukan rumah anda. Mungkin banyak yang tidak menyadari, bahwa banyak dari tanaman tersebut yang dapat dimanfaatkan menjadi tanaman obat.

Berikut ini merupakan beberapa jenis tanaman obat yang merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya, yaitu :

1. Bengkuang

Bengkuang merupakan salah satu tanaman buah yang sering digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan rujak. Selain rasanya yang menyegarkan, bengkuang juga memiliki manfaat sebagai tanaman obat sekaligus tanaman yang bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kulit. Bagian bengkuang yang sering dijadikan obat yaitu daun dan umbinya. Kandungan yang terdapat pada tanaman bengkuang diantaranya adalah zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, rotenone, saponin, flavonoid, dan pachyrhyzon. Tanaman bengkuang memiliki beberapa khasiat, diantaranya mengobati penyakit diabetes mellitus, sariawan, eksim, wasir, beri - beri, obat sakit perut, dan mengobati sekaligus menghaluskan kulit.

2. Adas

Tanaman adas adalah tanaman yang memiliki buah seperti biji gabah. Buah dari tanaman adas memiliki perpaduan rasa manis dan pedas yang berbau aromatic dan bisa menghangatkan tubuh. Bagian dari tanaman ini yang paling sering diunakan sebagai obat adalah daun, akar, dan buahnya. Manfaat dari tanaman adas diantaranya adalah mengobati influenza, menjaga daya tahan tubuh, mengatasi ejakulasi dini, merangsang keringat, merangsang ereksi, anastesi, antikholinesterasi, mencegah kemandulan, dan memperkuat daya hidup sperma.

3. Ciplukan

Ciplukan merupakan tanaman liar yang sering tumbuh di lahan kebun maupun pertanian. Tanaman ini sering dianggap sebagai gulma, tetapi diluar negeri tanaman ini dihargai sangat mahal karena sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit berat. Beberapa khasiat dari tanaman ciplukan diantaranya sebagai obat penetral racun, mengobati batuk, sebagai jenis obat analgetik, sebagai jenis obat diuretic, mengobati penyakit kencing manis, mengobati penyakit diabetes mellitus, sebagai zat yang mengaktifkan kelenjar pada tubuh.

4. Daun dewa

Daun dewa merupakan tanaman yang sangat popular yang bisa menyembuhkan penyakit kutil. Selain dapat mengatasi kutil, daun dewa juga dapat mengobati berbagai penyakit, diantaranya demam, penetral racun, batuk darah, infeksi pada kerongkongan, pembengkakan pada payudara, dan masih banyak lagi. Untuk pemakaiannya, anda dapat merebus daun dewa atau menumbuknya. Jika dengan metode ditumbuk, ambilah beberapa helai daun dewa. Kemudian tumbuk daun hingga menjadi halus, selanjutnya tempelkan pada bagian kulit yang sakit. Sedangkan jika anda memilih metode direbus, anda bisa menggunakan batang dari daun dewa dan meminum air rebusannya satu kali sehari.

5. Mengkudu


Buah mengkudu merupakan buah dari jenis dan spesies dari keluarga kopi. Buah ini memiliki rasa yang tidak enak dan berbau tajam. Buah ini memiliki manfaat untuk mengobati berbagai penyakit seperti penyakit demam, mengatasi penyakit arthritis, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi risiko stroke, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, dan berbagai manfaat lainnya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search