Monday, May 13, 2019

Mengenal Beberapa Jenis TOGA Bagian Satu

Mengenal Beberapa Jenis TOGA Bagian Satu


Seperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa tanaman obat keluarga banyak sekali jenis dan macamnya. Pada artikel sebelumnya juga telah dibahas mengenai beberapa jenis tanaman toga beserta khasiatnya, seperti kunyit, jahe, kencur, temulawak, dan lengkuas. Pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih banyak mengenai jenis tanaman toga lainnya beserta khasiatnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa tanaman obat ini sudah dikenal sejak zaman mesir kuno hingga sekarang. Penggunaannya pun telah menyebar dari daratan cina, eropa, sampai asia, tidak terkecuali Indonesia. Akan tetapi, dewasa ini banyak orang yang mulai melupakan pengobatan dengan tanaman obat dan beralih dengan obat - obatan modern. Padahal selain obat - obatan modern memiliki harga yang lebih mahal, banyak obat - obatan modern yang berbahan dasar dari tanaman obat.

Berikut ini merupakan beberapa jenis tanaman obat yang perlu kita ketahui, yaitu :

1. Asam jawa

Asam jawa merupakan salah satu jenis tanaman obat yang daging buah, kulit biji, dan daunnya dapat dijadikan sebagai obat. Daging dari tanaman asam jawa ini memiliki rasa yang asam manis, sehingga sering diolah menjadi permen herbal. Asam jawa juga dikenal karena memiliki sifat farmakologis yang dapat digunakan sebagai antiseptic, penghilang rasa nyeri, menurunkan panas pada tubuh, penambah nafsu makan, dan sebagainya.

Daging dari buah asam jawa ini memiliki berbagai macam kandungan diantaranya serine, vitamin B3, peptine, proline, gula invert, leusin beta alanin, geranial, citric acid, phenylalanine, dan pipecolic acid. Sedangkan kulit cangkangnya memiliki kandungan zat tanin dan untuk daunnya mengandung iovitexin, stexin, dan isoorientin. Secara ilmiah asam jawa berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit gangguan pencernaan, batuk, bisul, sariawan, luka exim, penurun berat badan, rambut rontok, radang gigi, dan radang payudara.

2. Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan sebagai penyedap masakan dan juga sering dijadikan sebagai bahan pembuatan obat herbal. Hal ini disebabkan karena tanaman seledri memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Salah satunya adalah vitamin A, Vitamin B, vitamin C, kalium, mineral, dan zat besi. Tanaman seledri ini juga terbukti dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi, mencegah penyakit kanker, penambah nafsu makan, dan obat reumatik.

3. Daun Kelor

Daun kelor adalah jenis tanaman yang popular di masyarakat umum. Daun ini sering diolah menjadi sayur bening yang lezat dan menyehatkan. Daun kelor juga memiliki beberapa khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, seperti :
  • Mengobati luka luar (memar dan bengkak).
  • Mengatasi kekurangan vitamin A, B1, B2.
  • Menurunkan panas (demam).
  • Menjaga metabolisme tubuh.
  • Menjaga kesehatan ginjal.
  • Menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

4. Kumis kucing

Kumic kucing yang akan dibahas kali ini bukanlah kumis dari hewan kucing, tetapi merupakan salah satu jenis tanaman obat yang memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Kumis kucing merupakan tanaman yang paling banyak diambil daunnya sebagai obat dasar dari peluruh batu ginjal, dimana daun kumis kucing ini memiliki sifat diuretic yang bisa membersihkan saluran kencing. Selain obat peluruh batu ginjal, daun kumis kucing juga bisa dijadikan sebagai obat asam urat, diabetes, hipertensi, dan sebagainya.

5. Balsem

Balsem merupakan tanaman obat yang sering digunakan dan diolah menjadi obat gosok. Bagian tanaman yang sering digunakan sebagai obat herbal adalah bagian getahnya. Berikut ini merupakan beberapa kandungan yang terdapat didalam tanaman balsem, diantaranya adalah  :
  • Mengandung zat flavonoid.
  • Mengandung saponin.
  • Mengandung polifenol.
  • Mengandung minyak atsiri 50 - 60% dari getah.


·         Selain dijadikan antiseptic, tanaman balsem ini juga bisa mengobati diare, luka luar, dan dapat mengobati tenggorokan yang serak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search