Monday, May 13, 2019

Jaga Kesehatan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini

Jaga Kesehatan Jantung Anda Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini


Jantung merupakan salah satu organ vital bagi manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Penyakit yang menyerang jantung disebut juga dengan penyakit jantung dan termasuk dalam salah satu penyakit kardiovaskular. Di asia tenggara sendiri, angka kematian sekitar 3,6 juta diakibatkan oleh penyakit kardiovaskular, dimana angka tersebut adalah seperempat dari angka total kematian setiap tahunnya. Di Indonesia, penyakit kardiovaskular, penyakit jantung koroner, dan stroke adalah penyebab utama kematian yang menyebabkan lebih dari 470.000 kematian setiap tahunnya.

Penyakit jantung koroner adalah nama kelompok penyakit yang mengenai jantung dan pembuluh darah. Penyakit ini disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah. Selain itu, penyakit jantung koroner juga mempengaruhi struktur dan fungsi jantung, seperti penyempitan arteri jantung, serangan jantung, dan detak jantung tidak normal atau aritmia.

Gejala paling umum dirasakan dari penyakit kardiovaskular adalah :
  • Nyeri pada dada atau ketidak nyamanan yang bisa berlangsung selama beberapa menit.
  • Sesak napas atau kesulitan bernapas.
  • Kelelahan dan kelemahan.
  • Jantung berdebar.
  • Pembengkakan pada pergelangan kaki dan perut.

Ada beberapa risiko yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner, yaitu :
  • Alkohol
  • Kelebihan berat badan
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes dan prediabetes
  • Kurangnya mengkonsumsi makanan sehat
  • Kolesterol tinggi
  • Merokok

Setelah mengetahui tentang penyebab dan beberapa risiko yang dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner, ada baiknya anda juga harus mengetahui cara mencegah supaya penyakit ini tidak menyerang anda.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda, yaitu :

1. Buah berry

Strawberry, blueberry, blackberry, dan berbagai jenis buah berry lainnya tidak hanya enak untuk dikonsumsi saja, namun juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung anda. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah berry juga memiliki fitonutrien yang merupakan senyawa yang dapat melindungi kinerja jantung anda.

2. Kacang - kacangan

Kacang - kacangan mengandung serat yang cukup tinggi yang baik bagi kesehatan jantung anda. Konsumsi kacang juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDR) dalam darah. Dimana LDL yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Manfaat lain dari mengkonsumsi kacang - kacangan yaitu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang memicu serangan jantung.

3. Ikan salmon

Kandungan omega 3 yang tinggi yang terkandung dalam ikan salmon dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan system kekebalan tubuh anda.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, kandungan antioksidannya dapat membantu sel - sel tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas dari kontaminasi lingkungan, asap rokok, serta paparan cahaya matahari yang berlebihan.

5. Teh hijau


Penelitian di jepang membuktikan bahwa orang yang meminum lebih dari 5 cangkir teh hijau dalam sehari memiliki risiko 25% lebih rendah mengalami kematian akibat penyakit jantung dan stroke.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search