Monday, May 13, 2019

Ketahui Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil

Ketahui Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil


Kehamilan adalah masa dimana seorang wanita mengandung janin atau fetus didalam tubuhnya. Masa kehamilan manusia terjadi selama 40 minggu antara waktu menstruasi terakhir dan kelahiran. Istilah medis untuk wanita hamil adalah gravida, sedangkan manusia didalamnya disebut embrio (minggu - minggu awal) dan janin (sampai kelahiran). Seorang wanita yang hamil untuk pertama kalinya disebut primigravida atau gravida 1. Sedangkan, untuk wanita yang belum pernah hamil disebut dengan gravida 0.

Masa kehamilan merupakan masa yang sangat rentan bagi wanita dan janin yang dikandungnya. Karena pada masa ini seorang wanita berada dlaam kondisi yang sangat lemah dan harus selalu menjaga kesehatan serta mengawasi makanan yang masuk kedalam tubuhnya. Ada beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, tetapi ada pula makanan yang harus dihindari. 

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai makanan yang harus dihindari dan jangan dikonsumsi oleh ibu hamil, yaitu :

1. Ikan makarel dan tuna

Konsumsi ikan selama kehamilan memang disarankan, tetapi tidak semua jenis ikan. Ada beberapa jenis ikan yang harus dihindari oleh wanita hamil untuk dikonsumsi yaitu ikan tuna, ikan makarel, dan ikan barakuda, karena golongan ikan tersebut mengandung merkuri dalam kadar tinggi.

2. Jeroan

Jeroan juga merupakan salah satu pantangan bagi ibu hamil agar tidak mengkonsumsinya. Meski jeroan mengandung zat besi, vitamin B12, dan vitamin A, jeroan termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi sehingga apabila dikonsumsi secara berlebih akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Dalam jumlah yang besar, kolesterol dapat menyumbat pembuluh darah. Hal ini berpengaruh terhadap suplai oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

3. Sushi atau ikan mentah

Makanan berbahaya untuk ibu hamil berikutnya adalah makanan mentah. Salah satu makanan mentah yang harus dihindari diantaranya adalah sushi atau ikan mentah. Hal ini dikarenakan adanya kemungkinan bahwa makanan mentah tersebut telah terkontaminasi bakteri salmonella maupun bakteri listeria. Makanan yang telah terkontaminasi bakteri dan parasit dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya, serta dapat meningkatkan risiko kelahiran premature.

4. Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi

Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi bisa saja mengandung banyak bakteri berbahaya, seperti listeria, salmonella, e.coli, dan campylobacter.

5. Makanan cepat saji


Mengkonsumsi makanan cepat saji boleh saja jika dilakukan sesekali. Namun, jika makanan cepat saji dikonsumsi terlalu sering pada saat kehamilan dapat membahayakan kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya. Hal ini terjadi karena makanan cepat saji cenderung tidak bernutrisi, tinggi kalori, lemak, dan gula tambahan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search