Monday, May 13, 2019

Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Makanan Sehat Yang Wajib Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil


Dimasa kehamilan, tubuh wanita mengalami perubahan yang sangat drastis. Baik itu perubahan secara fisik maupun perubahan secara psikologis. Akibatnya, ibu hamil sering merasa kelelahan dan mual. Menjaga kesehatan selama kehamilan sangatlah penting. Karena apabila ibu sehat, maka janin yang dikandungnya pun akan sehat juga. Selama masa kehamilan ada beberapa hal yang harus dihindari oleh ibu hamil, seperti asap rokok dari orang yang merokok, mengkonsumsi alkohol, dan beberapa hal lainnya.

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain memiliki nilai gizi yang tinggi, makanan - makanan tersebut dapat membantu menjaga ibu hamil dan bayi yang dikandungnya dari berbagai serangan penyakit dan mencegah berbagai risiko yang mungkin terjadi selama kehamilan. 

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil diantaranya adalah :

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, karena memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan. Telur merupakan sumber besar kolin, yang bermanfaat untuk kesehatan otak dan kesehatan tubuh. Asupan kolin yang rendah dapat meningkatkan risiko terjadinya kecacatan tabung saraf atau menurunnya fungsi otak pada janin. Yang perlu diingat adalah konsumsilah telur dalam keadaan matang penuh. jangan sampai mengkonsumsinya dalam keadaan mentah atau setengah matang, sebab ada kemungkinan jika bakteri salmonella masih hidup dalam telur yang mentah atau setengah matang tersebut.

2. Ikan salmon

Seperti yang kita tahu, salmon merupakan ikan yang kaya akan kandungan omega-3 nya. Kandungan tersebut sangat penting untuk perkembangan janin agar sehat. Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan salmon setiap harinya.

3. Daging

Daging merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Beberapa daging yang berkualitas tinggi diantaranya adalah daging ayam dan daging sapi. Daging sapi dan daging ayam mengandung zat besi, kolin, vitamin B lainnya. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan dalam jumlah yang tinggi selama masa kehamilan. Wanita hamil membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka meningkat, khususnya pada trimester ketiga.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat bermanfaat untuk semua orang. Bagi ibu hamil, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung sangat penting dikonsumsi karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Susu


Dalam masa kehamilan, seorang ibu membutuhkan tambahan protein dan kalsium untuk memenuhi pertumbuhan janinnya. Maka dari itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi susu dan produk olahan susu terutama yogurt, karena kandungan kalsiumnya lebih banyak dibandingkan produk susu lainnya.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search