Monday, May 13, 2019

Tips Supaya Tubuh Tidak Lemas Saat Puasa

Tips Supaya Tubuh Tidak Lemas Saat Puasa


Apakah anda termasuk orang yang sering merasa lemas dan lesu saat berpuasa ? Jika iya, anda harus membaca artikel ini. Banyak orang yang merasakan lemas, lesu, mager, bahkan ngantuk saat sedang berpuasa. Apalagi kondisi cuaca saat ini sedang bersahabat, tidak panas dan tidak dingin, tentunya sangat mendukung keinginan anda untuk tidur seharian. Tetapi, ingatlah bahwa anda memiliki tanggungan, baik itu pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, kuliah, sekolah, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya memerlukan kondisi tubuh yang fit dan sehat.

Saat bulan puasa, umat muslim tidak makan dan minum seharian mulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Lebih dari 12 jam perut kosong tidak terisi makanan maupun minuman, jadi merupakan hal yang wajar jika tubuh manusia menjadi lemas dan lesu. Tetapi ada beberapa tips yang dapat membuat anda tetap segar dan fresh saat berpuasa, yaitu melalui pemilihan makanan yang tepat saat sahur. 

Berikut ini merupakan beberapa tips supaya tubuh tidak lemas saat puasa, yaitu :

1. Perbanyaklah minum air putih saat sahur

Salah satu hal yang sangat sulit ditahan saat puasa adalah rasa haus dan dahaga yang luar biasa. Jika hanya menahan lapar, banyak orang yang mampu menahannya. Tetapi untuk menahan haus, tentunya dibutuhkan tips untuk melakukannya. Caranya adalah dengan mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak saat sahur, agar kebutuhan cairan tubuh seharian dapat terpenuhi dan tidak mengalami dehidrasi.

2. Konsumsi sayur dan buah saat sahur

Selain dapat melancarkan pencernaan, buah - buah dan sayur - sayuran juga mengandung banyak elektrolit dan zat besi yang dapat mempercepat proses pergantian cairan tubuh dan membuat tubuh tidak mudah lemas saat puasa.

3. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energy utama bagi tubuh manusia. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, maupun gandum karena dapat membuat gula darah menjadi stabil dan dapat mencukupi kebutuhan kalori harian anda.

4. Hindari makan gorengan saat sahur

Makan makanan yang digoreng saat sahur dapat membuat tubuh merasakan kantuk sepanjang hari. Hal ini tentunya akan membuat tubuh anda menjadi lemas dan lesu. Untuk itulah sebaiknya anda jangan makan gorengan saat sahur.

5. Jangan tidur setelah sahur 


Tidur setelah sahur justru akan membuat tubuh anda menjadi lemas. Karena ketika tidur, tubuh manusia akan mengalami metabolisme dan proses ini tentunya akan mengambil energy yang bersumber dari makanan. Hal ini akan membuat perut anda menjadi lapar saat bangun tidur dan akan membuat puasa anda terasa berat.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search