Monday, May 13, 2019

Ketahui Manfaat Dan Efek Samping Obat Paracetamol

Ketahui Manfaat Dan Efek Samping Obat Paracetamol


Obat paracetamol adalah obat yang mudah ditemukan dipasaran dan diperjual belikan secara bebas. Paracetamol adalah obat yang digunakan sebagai analgetik (pereda nyeri) dan antipiretik (penurun panas atau demam) yang dapat diperoleh tanpa resep dokter. Obat paracetamol juga dikenal dengan nama acetaminophen. Meskipun paracetamol memiliki efek anti inflamasi, obat ini tidak dimasukkan kedalam jenis obat NSAID, karena efek anti inflamasinya dianggap tidak signifikan. Cara kerja obat ini yang diketahui sekarang adalah dengan cara menghambat kerja enzim cyclooxygenase (COX).

Enzim COX berperan pada pembentukan prostaglandin yaitu senyawa penyebab nyeri. Dengan dihambatnya kerja enzim ini, maka jumlah prostaglandin pada system saraf pusat menjadi berkurang sehingga respon tubuh terhadap nyeri berkurang. Paracetamol menurunkan suhu tubuh dengan cara menurunkan hipotalamus set point di pusat pengendali tubuh di otak. Paracetamol termasuk obat pereda nyeri yang umumnya aman digunakan oleh segala kalangan, termasuk wanita hamil dan ibu menyusui. Anak yang berusia 2 bulan keatas juga dapat mengkonsumsi paracetamol dengan dosis rendah.

Namun, jika anda memiliki salah satu atau lebih dari masalah berikut, dokter biasanya tidak akan menganjurkan penggunaan paracetamol, yaitu :
  • Memiliki penyakit hati atau ginjal.
  • Peminum alkohol berat.
  • Memiliki berat badan yang sangat rendah.
  • Memiliki alergi paracetamol.

Berikut ini merupakan efek samping yang mungkin terjadi dari penggunaan obat paracetamol, yaitu :
  • Reaksi alergi. Reaksi ini dapat menimbulkan ruam pada kulit atau pembengkakan. Kondisi ini dapat dialami 1 dari 100 orang yang mengkonsumsi paracetamol.
  • Tekanan darah rendah dan detak jantung cepat. Hal ini sering terjadi pada pemberian paracetamol melaui metode suntik yang dilakukan di rumah sakit.
  • Gangguan darah. Contohnya trombositopenia (jumlah trombosit yang rendah) dan leucopenia (jumlah sel darah putih yang rendah).
  • Gangguan pada hati dan ginjal. Kerusakan hati dan ginjal bisa terjadi jika anda meminum atau menggunakan terlalu banyak dosis paracetamol.
  • Gejala overdosis obat. Parasetamol aman jika digunakan sesuai petunjuk dosis yang dianjurkan. Tetapi anda dapat mengalami overdosis obat jika anda mengkonsumsi paracetamol melebihi dosis yang dianjurkan.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search