Monday, May 27, 2019

Ketahui Dan Hindari Kebiasaan Yang Menyebabkan Kulit Gatal Karena Jamur

Ketahui Dan Hindari Kebiasaan Yang Menyebabkan Kulit Gatal Karena Jamur


Rasa gatal pada kulit merupakan kondisi kesehatan yang umum terjadi. Rasa gatal pada kulit ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti karena gigitan serangga, terpapar allergen, maupun karena mengalami infeksi jamur pada kulit. Infeksi jamur pada kulit memiliki banyak sekali jenis dan variasinya, tetapi gejala umum yan ditimbulkan dari infeksi jamur pada kulit ini adalah timbulnya rasa gatal pada kulit. Jika tidak segera di obati dan dicari tahu penyebabnya, infeksi jamur ini tidak akan hilang, tetapi justru akan berkembang dan menyebar keseluruh tubuh serta dapat menimbulkan rasa ketidak nyamanan.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit gatal karena terkena infeksi jamur, yaitu :

1. Jarang mandi

Banyak orang yang tidak mandi setelah berkegiatan. Padahal, mandi sangat berguna untuk membersihkan berbagai kotoran dan keringat pada tubuh. Kebiasaan tidak mandi ini tentu bukan lah hal yang baik, tetapi justru merupakan kebiasaan yang tidak sehat. Banyak orang yang merasa bahwa tubuh mereka masih cukup bersih setelah beraktivitas sehingga tidak perlu mandi. Padahal itu merupakan anggapan keliru, karena setelah beraktivitas, pada tubuh orang tersebut terdapat banyak bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit jika tidak segera dibersihkan.

2. Tidak mengganti pakaian saat berkeringat

Cuaca yang panas dan terik ditambah dengan aktivitas yang cukup menguras tenaga tentunya akan membuat tubuh anda menghasilkan banyak keringat. Alhasil, baju anda yang semula kering dan wangi berubah menjadi basah dan lembab. Jika keadaanya sudah seperti itu, segeralah ganti baju anda dengan baju yang kering dan bersih. Tidak hanya dapat menimbulkan bau badan, baju yang basah dan lembap karena keringat dapat membuat kulit anda menjadi gatal dan berjamur. Hal ini juga berlaku untuk kaos kaki dan celana anda yang harus anda ganti setiap hari. Kondisi kulit yang lembap merupakan tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Untuk mengatasinya, pilihlah pakaian yang berbahan sejuk, berpori, dan menyerap keringat seperti katun.

3. Sering memakai baju atau celana ketat

Banyak orang yang lebih merasa percaya diri ketika memakai baju atau celana ketat karena mampu memperlihatkan lekuk tubuhnya. Akan tetapi, anda perlu berhati - hati, karena hal ini dapat memicu pertumbuhan jamur dan dapat menyebabkan kulit menjadi gatal. Ketika anda mengenakan pakaian yang ketat, kulit akan sulit bernapas karena kekurangan oksigen. Terlebih lagi, lipatan - lipatan kulit anda akan menyimpan banyak keringat dan sulit menguap karena terhalang oleh baju ataupun celana anda yang ketat. Bila dibiarkan, timbunan keringat ini lambat laun dapat memicu pertumbuhan jamur dan menginfeksi kulit.

4. Telanjang kaki di lantai yang basah


Kebiasaan ini biasanya sering dilakukan saat anda baru selesai berenang dan ingin segera berbilas. Karena ingin segera berbilas, anda biasanya tidak mengenakan sandal saat menuju ruang bilas, walaupun lantainya becek dan tergenang air. Tanpa disadari, air yang tergenang di kamar mandi telah terkontaminasi oleh keringat, rambut, dan urine dari pengguna lain. Hal inilah yang dapat memicu perkembangbiakan bakteri dan jamur yang menginfeksi kulit anda, khususnya pada bagian kaki.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search