Monday, May 13, 2019

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Duku Bagi Kesehatan


Semua orang pasti mengenal buah duku. Buah satu ini sudah lama menjadi favorit orang Indonesia. Selain karena rasanya yang khas yaitu perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan, buah ini juga sangat mudah ditemui di pasaran. Tetapi tahukah anda, buah duku juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk manusia. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai buah duku, kandungan gizi yang terdapat didalamnya, serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

Buah duku berasal dari pohon yang hidup secara tahunan. Lansium domesticum adalah spesies pohon buah milik keluarga meliaceae. Pohon ini merupakan pohon asli Indonesia. Buah yang tumbuh kedalam kelompok akan memiliki bentuk oval dan memiliki warna abu - abu kuning pucat sampai kulit cokelat. Didalamnya, buahnya berwarna putih seperti transparan dan memiliki rasa yang khas. Meskipun dapat disajikan dengan cara dimasak, buah duku lebih popular dikonsumsi dengan cara dimakan mentah.

Pada tingkat kandungan kalori, kandungan zat besi buah duku lebih tinggi dari kandungan zat besi pada buah apel dan buah jeruk. Selain itu, buah duku adalah makanan yang tinggi serat atau fiber. Buah duku bermanfaat bagi system pencernaan, mencegah kanker kolon, dan dapat membersihkan tubuh dari penyebab kanker. Kulit dan biji buah duku juga bermanfaat untuk dijadikan bahan baku obat anti diare dan obat penurun demam. Kulit duku juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati gigitan serangga.

Berikut ini merupakan manfaat lengkap buah duku :


1. Mengobati sakit yang berhubungan dengan perut

Buah duku mengandung serat yang bermanfaat untuk system pencernaan, selain itu juga dipercaya dapat mencegah kanker kolon dan mampu membersihkan tubuh dari radikal bebas yan gmenjadi penyebab kanker. Biji dan kulit buah duku juga sering dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku pembuatan obat anti diare dan disentri. Hal ini dikarenakan buah duku memiliki kandungan serat yang tinggi, kalori, mineral, dan zat besi dengan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel dan buah jeruk.

2. Mengandung antioksidan

Buah duku mengandung vitamin C, yang mana kita ketahui bahwa vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas adalah suatu zat yang dapat menyebabkan penuaan dini. Antioksidan juga mampu mengurangi kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh zat beracun dan polusi.

3. Menjaga kesehatan gusi dan mulut

Hal ini masih erat kaitannya dengan kandungan vitamin C yang ada didalam buah duku. Vitamin C berperan aktif dalam menjaga kesehatan gusi kita. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah, selain itu vitamin C juga berfungsi untuk menjaga permeabilitas lapisan sel yang ada pada gusi dan mulut, hal ini bermanfaat dalam pencegahan terhadap sariawan.

4. Membantu diet menurunkan berat badan

Buah duku dalam pemanfaatan diet sehari - hari selain baik untuk pencernaan juga mampu mengontrol lemak. Vitamin C juga terbukti menjadi faktor penting dalam biosintesis molekul kecil seperti protein yang disebut carnitine. Carnitine mengarahkan molekul lemak kedalam sel pada jaringan dimana terjadi pembakaran lemak.

5. Mnecegah penyakit jantung


Buah ini sangat kaya dengan kandungan berbagai jenis vitamin B, seperti riboflavin, thiamin, B1, dan B2. Thiamin sendiri merupakan zat yang dapat mencegah penyakit jantung. Disi lain, riboflavin mempromosikan produk energy dari asupan karbohidrat harian. Hal ini juga meningkatkan produksi sel darah merah.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search