Monday, May 13, 2019

Mengenal Variasi Gerakan Push Up

Mengenal Variasi Gerakan Push Up


Memiliki tubuh ideal dan atletis merupakan impian kaum pria. Bagia sebagian besar pria, memiliki tubuh yang berotot dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Maka dari itu, jangan heran jika banyak pria yang rela melakukan berbagai gerakan dan latihan beban untuk dapat membentuk otot tubuh. Salah satu gerakan yang paling sering digunakan untuk membentuk otot tubuh adalah gerakan push up. Orang awam mengenal gerakan push up hanya satu gerakan saja, yaitu gerakan naik dan turun. Padahal, banyak sekali bentuk dan variasi dari gerakan push up.

Push up memiliki banyak manfaat bagi tubuh terutama terkait dengan kesehatan dan kebugaran. Selain itu, bentuk tubuh yang ideal juga dapat didapatkan dengan rutin melakukan gerakan push up setiap hari. 

Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari gerakan push up, yaitu :

1. Membentuk otot tubuh

Salah satu manfaat push up adalah dapat membentuk otot tubuh jika dilakukan secara rutin. Latihan push up yang dilakukan setiap hari secara teratur bisa membentuk kelompok otot mayor dan minor secara efektif. Gerakan push up akan merangsang otot menjadi lebih padat. Lakukanlah push up minimal 5 menit setiap hari dan milikilah tubuh berotot.

2. Meningkatkan kekuatan tubuh

Otot - otot yang terbentuk karena melakukan gerakan push up, akan memberikan kekuatan pada tubuh. Massa otot memberikan energy yang banyak terhadap kekuatan tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa pria lebih kuat daripada wanita.

3. Meningkatkan kesehatan dan vitalitas

Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gerakan push up dan meregangkan otot - otot bisep. Peregangan otot bisep yang terjadi dapat meningkatkan fleksibilitas. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas tubuh. Selain itu, peregangan otot bisep juga bisa mencegah berbagai cedera otot.

Berikut ini merupakan variasi gerakan push up yang harus anda ketahui untuk membentuk tubuh yang ideal dan atletis, yaitu :

1. Push up konvensional

Gerakan push up konvensional merupakan gerakan push up yang paling dikenal dan paling mudah dilakukan. Anda hanya perlu dalam posisi telungkup dan posisi tangan bersiap disamping badan. Lau, naikkan tubuh anda dengan tubuh tegak lurus dari kaki, punggung, hingga kepala, tahan selama 30 detik, lalu turunkan kembali. Ulangilah gerakan ini minimal 10 kali tiap set.

2. Weighted push up

Gerakan ini merupakan variasi push up dengan menambah beban pada punggung. Caranya adalah ambil posisi push up seperti pada umumnya. Mintalah seseorang untuk meletakkan beban dipunggung anda, lalu turunkan tubuh hingga dada hampir menyentuh lantai. Tahan sebentar lalu dorong tubuh kembali ke atas.

3. Rotation push up


Rotation push up juga memiliki gerakan dasar yang sama dengan push up konvensional. Yang membedakan adalah gerakan tangan yang naik turun secara bergantian kanan dan kiri. Cara melakukan rotation push up adalah posisikan tubuh seperti push up pada umumnya. Gunakan awalan dari atas dengan kedua tangan tegak. Secara bergantian, tekuk tangan kanan dan kiri sembari tangan yang lain menahan beban tubuh. Lakukan sebanyak 3 set yang mana perset berisi 10 kali repetisi secara rutin.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search