Monday, May 13, 2019

Olahraga Yang Tepat Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Olahraga Yang Tepat Untuk Mengecilkan Perut Buncit


Memiliki perut buncit tentunya menjadi masalah bagi sebagian orang. Selain tidak baik bagi kesehatan, perut buncit juga dapat merusak estetika dan penampilan seseorang. Banyak orang yang berusaha menghilangkan perut buncitnya dengan menjalani beberapa program diet dan olahraga secara teratur. Bahkan sebagian orang rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk melakukan operasi sedot lemak. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perut buncit dan olahraga yang efektif untuk menghilangkan perut buncit tersebut.

Perut buncit merupakan suatu keadaan dimana terjadinya penumpukkan lemak pada perut. Kondisi perut buncit tentu mengganggu penampilan seseorang, bahkan dapat menghilangkan kepercayaan diri seseorang. Perut buncit disebut juga sebagai obesitas perut atau obesitas sentral. Penyebab perut buncit adalah karena adanya penumpukkan lemak pada bagian perut. Lemak tersebut terdiri dari 2 macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral.

Lemak subkutan adalah lemak yang berada dibawah kulit. Lemak ini dapat dirasakan dengan dicubit dan terlihat. Sedangkan lemak viseral berada dibagian dalam organ tubuh, sehingga tidak terlihat. Bagi yang memiliki perut bucit, anda sebaiknya patut waspada, karena ada sejumlah risiko yang dapat mengganggu kesehatan anda.

Lemak viseral adalah tipe lemak yang paling berbahaya. Kumpulan lemak viseral didalam tubuh bisa mengeluarkan senyawa peradangan dan hormone yang dapat mengganggu metabolisme tubuh. Senyawa - senya peradangan ini disebut juga sitokin. Senyawa ini dapat menyebabkan peradangan ringan dalam tubuh sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Senyawa lain yang dikeluarkan oleh lemak viseral adalah asam lemak bebas. Senyawa ini akan masuk kedalam hati dan kemudian memicu berbagai perubahan, antara lain peningkatan produksi kolesterol buruk dan penurunan produksi kolesterol baik. Mengingat banyaknya risiko kesehatan jika memiliki perut buncit, ada baiknya kita harus melakukan upaya untuk menghilangkan bentuk perut yang buncit tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan perut buncit adalah dengan melakukan olahraga fisik.

Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi olahraga fisik dan senam yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan perut buncit, yaitu :

1. Side plank

Berbeda dengan plank biasa, olahraga side plank ini akan menantang anda untuk menopang berat badan pada dua titik saja, yakni kaki dan siku. Gerakan ini juga membuat otot inti tubuh bekerja lebih keras, sehingga postur tubuh anda menjadi lebih stabil. Cara melakukan side plank adalah sebagai berikut :
  • Mulailah dengan salah satu sisi tubuh anda, baik kanan maupun kiri.
  • Posisi siku tepat berada dibawah bahu dan tegak lurus dengan tubuh anda.
  • Luruskan kaki anda dan tumpuk keduanya.
  • Kontraksikan otot perut anda dengan mengangkat pinggul yang masih menempel dengan lantai sampai tubuh benar - benar terangkat dan lurus dari bahu ke kaki.
  • Tahan posisi menahan pinggul selama 30 - 45 detik. Kemudian turunkan kembali dan ulangi beberapa kali.
  • Ulangi pada sisi sebaliknya.

2. Lying leg raise

Olahraga mengecilkan perut yang satu ini dilakukan dengan cara berbaring di lantai atau diatas matras. Lying leg raise adalah salah satu latihan yang paling menantang dibandingkan dengan gerakan lainnya. Pada gerakkan ini, anda harus bisa menaikkan kaki keatas tanpa menekuknya sama sekali. Diperlukan kekuatan dari otot perut yang sangat besar di gerakan ini. Cara melakukannya adalah sebagai berikut :
  • Berbaring telentang diatas matras dengan tangan terletak di kedua sisi tubuh. Telapak tangan menghadap ke lantai. 
  • Arahkan jari tangan anda terbuka ke luar sambil mengangkat kedua kaki ke atas.
  • Naikkan kaki hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat dengan lantai. Ketika mengangkat kaki, jangan sampai lutut menekuk.
  • Tahan pose ini selama beberapa detik.
  • Perlahan turunkan kaki anda ke lantai.
  • Ulangi gerakan ini sebanyak 2 - 3 set dengan pengulangan 10 kali setiap setnya.

3. Sit up

Gerakan ini merupakan gerakan yang paling banyak dan paling mudah dipraktekkan untuk mengecilkan perut. Cara melakukan sit up yang baik dan benar adalah :
  • Berbaringlah telentang di lantai atau diatas matras.
  • Tekuk lutut dngan telapak kaki menepak pada lantai.
  • Silangkan lengan anda didepan dada anda.
  • Angkat bahu anda menuju langit - langit menggunakan otot perut anda dan berhenti setelah sampai ke atas.
  • Kembalikan tubuh anda ke posisi berbaring dan ulangi lagi

Jangan lupa juga untuk melakukan senam pemanasan ketika akan memulai olahraga mengecilkan perut dan senam pendinginan setelah selesai melakukannya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com


Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search