Monday, July 22, 2019

Acetylcysteine : Obat Untuk Memecah Lendir

Acetylcysteine : Obat Untuk Memecah Lendir


Adanya lendir pada tenggorokan terkadang dapat membuat kita merasa tidak nyaman saat berbicara dan dapat mengurangi tingkat kepercayaan diri. Salah satu penyebab adanya lendir pada tenggorokan adalah karena kurangnya cairan tubuh. Selain itu asap atau polusi kendaraan juga dapat menjadi penyebab lainnya adanya lendir pada tenggorokan. Terpaparnya tubuh khususnya tenggorokan oleh polusi tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti radang tenggorokan dan terganggunya saluran pencernaan. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk memecah lendir pada tenggorokan adalah acetylcysteine.

Acetylcysteine merupakan obat untuk memecah lendir yang terdapat pada area mulut, tenggorokan, dan paru - paru. Obat ini juga biasa digunakan untuk mengencerkan lendir pada orang yang memiliki masalah paru - paru tertentu seperti fibrosis kistik, bysema, bronchitis, pneumonia, atau tuberculosis. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi keracunan paracetamol. Untuk mengobati masalah paru - paru, hiruplah obat ini seperti yang telah diarahkan dokter. Anda mungkin akan merasakan sedikit bau menyengat ketika pertama kali menghirup obat. Setelah dihirup, mungkin aka nada efek kaku yang terjadi pada wajah. Cucilah wajah anda dengan air untuk menghilangkan lengket bekas obat. Acetylcysteine merupakan jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.

Dosis acetylcysteine untuk orang dewasa

Dosis nebulizer :
  • Gunakan 1 hingga 10 ml larutan 20% atau 2 hingga 20 ml larutan 10 ml yang dapat diberikan setiap 2 hingga 6 jam dalam sehari. Dossi yang dianjurkan untuk kebanyakan pasien adalah 3 sampai 5 ml larutan 20% atau 6 hingga 10 ml larutan 10% tiga hingga 4 kali sehari.

Dosis oral untuk keracunan paracetamol :
  • Untuk dosis awal berikan 140 mg/kg berat badan.
  • Untuk dosis pemeliharaan berikan 70 mg/kg berat badan.



Dosis acetylcysteine untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis acetylcysteine untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, acetylcysteine juga memiliki efek samping jika digunakan. Tetapi tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan acetylcysteine yaitu :
  • Reaksi alergi.
  • Sesak dada atau kesulitan bernapas.
  • Lengket disekitar wajah.
  • Bercak putih atau luka didalam mulut atau bibir anda.
  • Mual dan muntah.
  • Demam, pilek, dan sakit tenggorokan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search