Monday, July 22, 2019

Actos : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes Tipe 2

Actos : Obat Untuk Mengatasi Penyakit Diabetes Tipe 2


Diabetes atau yang memiliki nama lengkap diabetes mellitus merupakan penyakit gangguan metabolisme menahun akibat pankreas yang tidak bisa memproduksi insulin secara cukup atau tidak mampu menggunakan insulin yang sudah diproduksi secara efektif. Insulin adalah hormone yang memiliki fungsi untuk mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Dengan adanya gangguan fungsi pankreas dan insulin tersebut, tubuh akan terbebani dengan kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia). Sedangkan diabetes tipe 2 atau penyakit diabetes yang tidak bergantung pada insulin adalah kondisi ketika tubuh anda memiliki kandungan insulin yang cukup tetapi tidak mampu mengunakannya dengan benar.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengobati penyakit diabetes tipe 2 adalah actos. Actos merupakan obat diabetes yang masuk kedalam golongan glitazone. Obat ini mengandung pioglitazone sebagai bahan utamanya. Actos digunakan untuk membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes tipe 2 bersamaan dengan program diet dan olahraga. Actos tidak dapat digunakan untuk mengobati pasien diabetes tipe 1. Actos merupakan obat oral yang bekerja dengan cara membantu memperbaiki sensitivitas tubuh anda dalam merespon insulin. Ketika tubuh mampu menerima insulin dengan baik, glukosa akan dipecah menjadi energy. Hal tersebut menyebabkan glukosa tidak akan mengalir didalam darah dan menghasilkan kadar gula darah yang normal.

Kontrol gula darah dapat membantu mencegah kerusakan ginjal, kebutaan, masalah saraf, amputasi dan masalah fungsi seksual. Kontrol gula darah yang tepat juga menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke pada pasien diabetes tipe 2. Actos adalah obat oral diabetes yang dapat dikonsumsi dengan makanan maupun tanpa makanan, sesuai dengan arahan dokter. Dokter mungkin akan memberikan dosis rendah pada awal pengobatan sebelum meningkatkannya secara bertahap bergantung dengan kadar gula darah yang anda miliki. Actos merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.

Dosis actos untuk orang dewasa
  • Dosis awal untuk pasien tanpa keluhan gagal jantung kongestif : 15 mg atau 30 mg satu kali sehari.
  • Dosis awal untuk pasien dengan keluhan gagal jantung kongestif : 15 mg, satu kali sehari.
  • Dosis pemeliharaan : 15 - 45 mg, satu kali sehari bergantung kadar gula darah yang dilihat dari hasil tes.
  • Dosis maksimum harian : 45 mg.


Dosis actos untuk anak - anak
  • Penggunaan actos tidak direkomendasikan untuk anak - anak yang berusia dibawah 12 tahun.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, actos juga dapat menyebabkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan actos, yaitu :
  • Radang tenggorokan
  • Nyeri otot
  • Penambahan berat badan
  • Masalah pada gigi




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search