Monday, July 15, 2019

Alendronic acid : Obat Untuk Mencegah Hilangnya Tulang

Alendronic acid : Obat Untuk Mencegah Hilangnya Tulang


Tulang adalah jaringan yang kuat dan tangguh yang memberi bentuk pada tubuh. Tanpa tulang, tubuh manusia tidak dapat berdiri tegak, karena tulang merupakan kerangka utama penyusun tubuh. Tulang juga berfungsi sebagai sistem gerak. Setiap harinya, manusia selalu melakukan berbagai gerakan dalam menjalani kehidupannya. Terdapat dua komponen utama sistem gerak manusia, yaitu tulang dan otot. Otot disebut sebagai alat gerak aktif, sedangkan tulang disebut sebagai alat gerak pasif. Tulang disebut sebagai alat gerak pasif karena tulang tidak bisa bergerak sendiri, melainkan harus digerakkan oleh otot.

Penyakit tulang merupakan kumpulan gangguan kesehatan yang terjadi pada tulang. Terdapat berbagai jenis penyakit tulang seperti osteoporosis, penyakit paget, osteogenesis imperfekta, rakhitis, dan sebagainya. Penyakit tulang terbagi kedalam beebrapa jenis, yaitu jenis infeksi baik yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, dan jenis hilangnya sel - sel tulang maupun komponen penyusun tulang karena kurangnya unsur - unsur penyusun tulang yang ada didalam tubuh. Hilangnya sel - sel tulang maupun komponen penyusun tulang dapat menyebabkan rapuhnya struktur tulang yang dapat mengakibatkan tulang menjadi lebih mudah patah. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan nyawa dan dapat membuat tubuh menjadi cacat.

Salah satu obat yang sering diunakan untuk mencegah hilangnya tulang adalah alendronic acid. Alendronic acid merupakan obat yang digunakan untuk mencegah hilangnya tulang yang terjadi pada laki - laki, wanita yang mengalami menopause, dan pasien yang menerima glucocorticoids seperti prednisolone dan methylprednisolone. Alendronic acid juga dapat digunakan untuk membangun kembali struktur tulang yang hilang dan membuat tulang yang cenderung patah menjadi kuat kembali. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis alendronic acid untuk orang dewasa

Osteopetrosis :
  • Dewasa : 10 mg sehari atau 70 mg sekali seminggu.
Penyakit paget pada tulang :
  • Dewasa : 40 mg sehari selama 6 bulan.
Pencegahan osteoporosis postmenopausal :
  • Dewasa : 5 mg sekali sehari atau 35 mg sekali seminggu.
Corticosteroid induced osteoporosis :
  • Pengobatan dan pencegahan : 5 mg sehari.


Dosis alendronic acid pada anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis alendronic acid untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat yang berbahaya jika diberikan kepada anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, alendronic acid juga memiliki beberapa efek samping. Tetapi, tidak semua oragn dapat mengalami efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beebrapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan alendronic acid, yaitu :
  • Mulas
  • Kesulitan menelan
  • Sendi bengkak
  • Sakit perut
  • Rambut rontok
  • Gatal
  • Sakit kepala
  • Kelelahan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search