Monday, July 15, 2019

Cytarabine : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Berbagai Jenis Kanker

Cytarabine : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Berbagai Jenis Kanker


Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal dari sel - sel tubuh. Penyakit kanker sering juga disebut tumor ganas karena mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh. Pengobatan kanker dewasa ini hampir selalu melibatkan operasi, penyinaran, dan kemoterapi. Tujuan kemoterapi pada penyembuhan kanker adalah menghambat atau menghentikan pertumbuhan sel - sel kanker pada tubuh pasien. Prinsip kerja obat - obatan kemoterapi adalah menyerang fase tertentu atau seluruh fase pada pembelahan mitosis pada sel - sel yang berkembang dengan cepat.

Salah satu obat kemoterapi yang sering digunakan dalam pengobatan penyakit kanker adalah cytarabine. Cytarabine merupakan obat tunggal atau dapat juga dikombinasikan dengan obat lain untuk melawan penyakit kanker. Obat ini adalah obat kemoterapi yang bekerja dengan cara memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker. Cytarabine adalah pbat yang diberikan melalui suntikan kedalam tubuh anda. Dosis diberikan berdasar kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan. Cytarabine paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis cytarabine untuk orang dewasa

Dosis dewasa biasa untuk leukimia nonlimpositik akut :
  • Sebagai bagian dari kombinasi dengan kemoterapi : 100 mg/m2/hari dengan infuse intravena secara berlanjut dari hari pertama sampai hari ke tujuh.

Dosis dewasa untuk lymphoma non Hodgkin :
  • Induksi leukimia akut : Gunakan 100 sampai 200 mg/m2/hari atau 2 sampai 6 mg/kg/hari sebagai infuse intravena berlanjut selama 24 jam.
  • Limfoma non Hodgkin refraktori dan leukimia myeloid akut : Gunakan sebanyak 2 sampai 3 gr/m2 intravena  setiap 12 jam sampai 12 dosis.
  • Untuk leukimia granulositik : Gunakan sebanyak 20 mg/m2 secara subkutan selama 10 hari perbulan selama 6 bulan dengan interferon alfa.


Dosis cytarabine untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk leukimia non limfositik akut :
  • Sebagai bagian dari kombinasi dengan kemoterapi : 100 mg/m2/hari dengan infuse intravena yang berlanjut dari hari pertama sampai hari ke tujuh.

Dosis anak - anak untuk lymphoma non Hodgkin :
  • Untuk lymphoma non Hodgkin refraktori dan leukemia myeloid akut : 1 sampai 3 gr/m2 intravena setiap 12 jam sampai 12 dosis infuse intravena.


Efek samping

Sama seperti obat - obatan jenis lainnya, cytarabine juga memiliki efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan cytarabine yaitu :
  • Terjadi reaksi alergi.
  • Awasi penggunaan pada anak - anak
  • Awasi penggunaan pada lansia.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search