Monday, July 15, 2019

Sulfacetamide : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Mata Akibat Bakteri

Sulfacetamide : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Mata Akibat Bakteri


Infeksi merupakan suatu kondisi dimana mikroba masuk kedalam tubuh makhluk hidup dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Mikroba yang menyebabkan infeksi dapat berupa bakteri, virus, jamur, dan parasit. Infeksi mata adalah suatu kondisi atau penyakit yang terjadi pada organ mata anda yang disebabkan oleh mikroba yang tumbuh dan berkembang biak pada mata anda. Infeksi mata dapat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme seperti virus, bakteri, jamur, maupun parasit. Kesemua jenis infeksi tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata seperti mata merah, belekan, berair, dan sebagainya.

Konjungtivitis, keratitis, dan endoftalmitis merupakan beberapa jenis infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi mata akibat bakteri adalah sulfacetamide. Sulfacetamide merupakan obat yang digunakan untuk mengobati infeksi mata akibat bakteri. Obat ini termasuk kedalam kelas obat aintibiotik sulfa. Sulfacetamide bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri pada mata anda. Obat hanya dapat mengatasi infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri. Sulfacetamide merupakan jenis obat mata tetes yang cara penggunaannya adalah dengan cara diteteskan langsung ke mata yang mengalami infeksi.

Dosis sulfacetamide diberikan berdasarkan kondisi medis dan respon pasien terhadap pengobatan. Gunakan obat ini secara teratur untuk mendapatkan hasil terbaik. Untuk membantu anda mengingat penggunaan obat ini, gunakanlah pada waktu yang sama setiap hari. Gunakanlah obat ini secara terus menerus sampai waktu yang telah ditentukan, biasanya sampai 7 hingga 10 hari. Menghentikan penggunaan obat terlalu cepat dapat memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh yang dapat mengakibatkan kembalinya infeksi. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis sulfacetamide untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk konjungtivitis :
  • Obat tetes : 1 smpai 2 tetes ke dalam kantung konjungtiva setiap 2 sampai 3 jam saat anda masih terjaga dan dapat berkurang dimalam hari.
  • Salep : oleskan sedikit ke kantung konjungtiva rendah 3 sampai 4 kali sehari dan pada waktu anda hendak tidur.
Dosis dewasa untuk trachoma :
  • Obat tetes : 2 tetes kedalam kantung konjungtiva rendah setiap 2 jam dengan terapi sulfonamide sistemik bersamaan.


Dosis sulfacetamide untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk konjngtivitis :
  • Obat tetes : 1 - 2 tetes kedalam kantung konjungtiva setiap 2 sampai 3 jam saat anak terjaga dan kurangi pada malam hari.
  • Salep : Oleskan sedikit ke kantung konjungtiva bawah 3 sampai 4 kali dan pada waktu anak hendak tidur.
Dosis anak - anak untuk trachoma :
  • Obat tetes : 2 tetes kedalam kantung konjungtiva rendah setiap 2 jam bersamaan dengan terapi sulfonamide.


Efek samping

Beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan obat tetes mata sulfacetamide adalah :
  • Mata tersengat atau merasa terbakar
  • Mata terlihat kemerahan
  • Penglihatan kabur




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search