Monday, July 15, 2019

Isoflurane : Obat Induksi Dan Perawatan Saat Anestesi

Isoflurane : Obat Induksi Dan Perawatan Saat Anestesi


Anestesi merupakan nama lain dari prosedur pembiusan. Anestesi adalah prosedur pengurangan atau penghilangan sensasi untuk sementara, sehingga operasi atau prosedur lain yang menyakitkan dapat dilakukan. Ada dua jenis anestesi atau pembiusan, yaitu anestesi umum yang membuat pasien tidak sadar, dan anestesi lokal yang membuat mati rasa bagian tubuh yang akan diambil tindakan. Seseorang yang telah dilakukan prosedur anestesi, akan tertidur untuk sementara waktu. Tetapi, tidurnya orang yang mengalami prosedur anestesi tidak sama dengan tidur biasa, melainkan ketidak sadaran sementara yang dikendalikan oleh dokter yang melakukan prosedur anestesi.

Obat yang sering digunakan dalam prosedur anestesi adalah isoflurane. Isoflurane merupakan obat yang umum digunakan dalam prosedur induksi dan perawatan saat dilakukan anestesi. Obat ini hanya boleh diterapkan oleh dokter atau atas petunjuk dokter. Isoflurane merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan dalam suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab. Perhatikan instruksi penyimpanan yang tertera pada kemasan obat. Jauhkan dari jangkauan anak - anak dan jangan membuang obat ini kedalam saluran pembuangan.


Dosis isoflurane untuk orang dewasa

Induksi dan pemeliharaan anestesi umum :
  • Induksi : 0,5% v/v dengan oksigen atau oksigen dan nitrous oxide dan dapat ditingkatkan hingga 1,5 - 3% v/v.
  • Pemeliharaan : 1 - 2,5% v/v dengan oksigen dan nitrogen oksida campuran atau 1,5 - 3,5% v/v dengan oksigen saja. Untuk pemeliharaan anestesi selama operasi Caesar : 0.5 - 0.75% v/v dengan oksigen dan campuran nitrogen oksida.


Dosis isoflurane untuk anak - anak
  • Isoflurane tidak diperuntukkan penggunaannya untuk pasien anak - anak. Mungkin terdapat zat yang dapat membahayakan jika di aplikasikan terhadap pasien anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, isoflurane juga memiliki efek samping bagi kesehatan. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami atau merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping dari penggunaan obat isoflurane, yaitu :
  • Nafas pendek dan lambat
  • Tekanan darah rendah
  • Denyut jantung lambat atau cepat
Efek samping yang dapat dirasakan pasca operasi diantaranya :
  • Menggigil
  • Mual
  • Muntah
  • Sering buang gas




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search