Monday, July 22, 2019

Ceftriaxone : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Akibat Bakteri

Ceftriaxone : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Akibat Bakteri


Antibiotik merupakan obat yang umum digunakan untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pilihan antibiotic tergantung penyakit yang diderita oleh seseorang, sebab setiap obat antibiotic hanya efektif untuk mengatasi parasit dan bakteri tertentu. Sebelum mengenali berbagai jenis obat antibiotic, seorang dokter biasanya akan memberitahu jenis bakteri yang menginfeksi tubuh anda lalu merekomendasikan golongan atau kelas antibiotic yang harus dikonsumsi, aturan atau dosis antibiotic, serta jenis obat antibiotic. Konsumsi antibiotic yang tidak sesuai dengan resep dokter baik dari jenis antibiotic, frekuensi, dan dosis dapat berisiko menyebabkan bakteri dalam tubuh menjadi resisten atau kebal terhadap antibiotic. Seseorang yang tubuhnya mengalami infeksi bakteri yang resisten atau kebal terhadap antibiotic, akan lebih sulit untuk diobati dan pada akhirnya infeksi ini akan meningkat menjadi komplikasi penyakit.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai macam infeksi akibat bakteri adalah ceftriaxone. Ceftriaxone merupakan obat antibiotic yang berfungsi untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan infeksi bakteri. Ceftriaxone termasuk kedalam kelas antibiotic cephalosporin yang bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Antibiotik jenis ini tidak akan bekerja pada penyakit yang disebabkan oleh virus seperti batuk dan flu. Menggunakan antibiotic yang tidak dibutuhkan oleh tubuh juga dapat meningkatkan risiko infeksi yang kebal terhadap pengobatan antibiotic. Ceftriaxone digunakan dengan cara melalui suntikan kedalam otot atau pembuluh darah sesuai arahan dokter. Hal ini dikarenakan dosis yang diberikan akan bergantung pada kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan. Ceftriaxone merupakan jenis obat yang paling baik jika disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis ceftriaxone untuk orang dewasa
  • Untuk infeksi bakteri, dosis ceftriaxone adalah 1 - 2 gram perhari yang disuntikkan kedalam otot atau pembuluh darah vena. Total dosis harian tidak boleh melampaui dari 4 gram.
  • Untuk infeksi gonokokus tanpa komplikasi, dosis ceftriaxone adalah 250 miligram yang disuntikkan ke dalam otot.
  • Untuk infeksi luka operasi, dosis ceftriaxone adalah 1 gram yang disuntikkan kedalam otot atau pembuluh darah, sekitar 30 menit sampai 2 jam sebelum operasi.


Dosis ceftriaxone untuk anak - anak
  • Untuk infeksi bakteri, dosis ceftriaxone adalah 50 mg/kg yang disuntikkan kedalam otot atau pembuluh darah vena setiap 24 jam sekali.
  • Untuk meningitis, dosis ceftriaxone adalah 50 - 100 mg/kg setiap 24 jam. Tergantung usia dan kebutuhan anak.
  • Untuk infeksi gonokokus, dosis ceftriaxone adalah 45 - 50 mg/kg/hari yang disuntikkan kedalam otot atau pembuluh darah vena setiap 12 jam. Dosis maksimal tidak boleh melampaui 2 gram per hari.
  • Untuk meningkokal meningitis prophylaxis, dosis ceftriaxone adalah 125 - 250 mg yang disuntikkan sekali kedalam otot.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, penggunaan ceftriaxone juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan ceftriaxone, yaitu :
  • Bengkak, nyeri, dan timbul kemerahan pada area yang disuntik
  • Reaksi alergi
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut
  • Sakit kepala atau pusing
  • Lidah sakit atau bengkak
  • Berkeringat
  • Vagina gatal atau mengeluarkan cairan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search