Monday, July 15, 2019

Clopidogrel : Obat Untuk Mencegah Serangan Jantung

Clopidogrel : Obat Untuk Mencegah Serangan Jantung


Serangan jantung merupakan kondisi ketika terhentinya aliran darah. Meskipun hanya terjadi sesaat, serangan jantung dapat menyebabkan sebagian sel jantung menjadi mati. Jika tidak segera mendapatkan pertolongan, pasien yang mengalami serangan jantung dapat kehilangan nyawa atau meninggal dunia. Penyebab utama serangan jantung adalah penyakit jantung koroner. Pada penyakit jantung koroner, terbentuk plak seperti lilin dibagian dalam arteri jantung. Terbentuknya plak ini disebut dengan penyempitan pembuluh darah atau atherosclerosis. Plak terbentuk dari kolestrol dan lemak yang menumpuk pada dinding arteri. Karena terjadi penyempitan pada pembuluh darah arteri, hal ini menyebabkan hanya sedikit darah yang dapat melewatinya dan menyebabkan banyak keping darah yang tidak bisa melaluinya dan mengakibatkan penggumpalan. Jika gumpalan darah tersebut pecah, maka terjadilah serangan jantung.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mencegah terjadinya serangan jantung adalah clopidogrel. Clopidogrel merupakan obat yang digunakan untuk mencegah serangan jantung pada orang yang baru terkena penyakit jantung, stroke, atau penyakit sirkulasi darah. Clopidogrel juga dapat digunakan bersamaan dengan aspirin untuk mengobati sesak napas yang memburuk akibat serangan jantung, angina yang tidak stabil, dan untuk mencegah penyumbatan darah setelah prosedur tertentu. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah serangan jantung dan stroke pada orang dengan detak jantung yang tidak teratur. Clopidogrel bekerja dengan cara mencegah pelekatan keping darah dan penyumbatan yang berbahaya. Clopidogrel merupakan obat jenis antiplatelet yang membantu menjaga aliran darah tetap lancar didalam tubuh.

Clopidogrel dapat diminum sebelum atau sesudah makan atau sesuai dengan arahan dokter. Konsumsilah obat ini secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Untuk membantu anda mengingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari. Dosis ditetapkan berdasarkan kondisi medis pasien dan respon pasien terhadap pengobatan. Hindari mengkonsumsi buah anggur ataupun meminum jus anggur, karena buah anggur dapat meningkatkan risiko terjadinya efek samping obat. Clopidogrel merupakan jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis clopidogrel untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk gangguan tromboemboli :
  • 75 mg oral sekali sehari, dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.

Dosis dewasa untuk sindrom koroner akut :
  • 300 mg dilanjutkan dengan 75 mg oral sekali sehari, dapat dikonsumsi sebelum maupun sesudah makan.


Dosis clopidogrel untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan dosis clopidogrel untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Segera hentikan penggunaan clopidogrel jika mengalami beberapa efek samping berikut :
  • Mimisan atau mengalami pendarahan lain tanpa henti.
  • Feses berdarah atau terdapat darah dalam urin.
  • Batuk darah atau muntah cairan berwarna gelap seperti kopi.
  • Sesak napas.
  • Nyeri yang menyebar sampai lengan atau bahu disertai dengan mual dan berkeringat.
  • Mati rasa atau lemas mendadak, terutama pad asalah satu sisi tubuh.
  • Sakit kepala mendadak, bingung, penglihatan buram, atau keseimbangan terganggu.
  • Kulit pucat, lemah, lesu, demam, kulit atau mata menguning.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search