Monday, July 15, 2019

Irbesartan : Obat Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Irbesartan : Obat Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi dimana kekuatan aliran darah terhadap dinding arteri cukup tinggi. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi parah dan meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan kematian. Hampir sepertiga dari orang - orang yang menderita penyakit tekanan darah tinggi tidak menyadari adanya penyakit ini dalam tubuhnya. Penyakit hipertensi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti obesitas, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, merokok, dan riwayat keluarga. Risiko hipertensi sebenarnya dapat dikurangi dengan cara menghilangkan kebiasaan buruk tersebut dan menerapkan pola hidup sehat, serta mengkonsumsi beberapa obat - obatan untuk menurunkan tekanan darah.

Salah satu obat yang sering dgunakan untuk mengatasi penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah irbesartan. Irbesartan merupakan obat yang berfungsi untuk mengobati tekanan darah tinggi dan untuk membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat diabetes. Irbesartan termasuk kedalam obat - obatan golongan angiotensin receptor blockers (ARBs). Obat ini bekerja dengan cara melemaskan pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan mudah, sehingga tekanan darahpun menurun kekuatannya. Dengan menurunnya tekanan darah, maka anda pun dapat tercegah dari penyakit stroke, serangan jantung dan masalah ginjal.  Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis irbesartan untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk nefropati diabetic :
  • Dosis awal : 150 mg secara oral sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Dosis rumatan : 150 - 300 mg secara oral sekali sehari.

Dosis dewasa untuk hipertensi :
  • 150 mg secara oral sekali sehari dengan atau tanpa makanan. Dosis rumatan : 150 - 300 mg secara oral sekali sehari.


Dosis isbesartan untuk anak - anak

Dosis anak untuk hipertensi :
  • 6 -12 tahun. Dosis awal : 75 mg sekali sehari. Dosis rumatan : 75 - 150 mg sekali sehari.
  • 13 - 18 tahun. Dosis awal : 150 mg sekali sehari. Dosis rumatan 150 - 300 mg sekali sehari.


Efek samping

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan irbesartan, yaitu :
  • Diare
  • Heartburn, perut sakit
  • Pusing ringan
  • Merasa lelah




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search