Monday, July 15, 2019

Norepinephrine : Obat Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah

Norepinephrine : Obat Untuk Mengobati Tekanan Darah Rendah


Banyak orang yang lebih familiar dengan penyakit hipertensi daripada hipotensi. Padahal, penderita penyakit hipotensi pun tidak sedikit. Hipotensi merupakan nama lain dari tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah terjadi ketika tekanan darah yang terdapat didalam arteri lebih rendah daripada batas ambang normal. Hipotensi sulit dideteksi karena penyakit ini terkandang tidak menunjukkan ciri - ciri darah rendah. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah, yaitu faktor usia, pengobatan yang sedang di jalani, hingga faktor cuaca.

Penyakit hipotensi akan menjadi berbahaya ketika jantung tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup, sehingga dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan darah dan menyebabkan orang yang mengalami hipotensi sering mengalami pingsan serta hilang kesadaran.  Salah satu obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi adalah norepinephrine. Norepinephrine adalah obat yang serupa dengan hormone adrenalin. Obat ini bekerja dengan cara menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah serta kadar gula dalam darah.

Norepinephrine digunakan untuk mengobati kondisi tekanan darah rendah yang fatal yang dapat terjadi karena kondisi kesehatan tertentu atau prosedur operasi. Obat ini sering digunakan pada saat CPR (Cardio Pulmonary Resuscitation). Norepinephrine diinjeksikan kedalam pembuluh darah melalui infuse. Anda akan menerima injeksi norepinephrine di rumah sakit pada saat keadaan gawat darurat. Obat ini biasanya diberikan selama diperlukan atau hingga tubuh pasien memberikan respon terhadap pengobatan. Norepinephrine paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis norepinephrine untuk orang dewasa

Dosis untuk hipotensi pada orang dewasa :
  • Dosis awal : 2 hingga 4 mcg/menit.
  • Dosis perawatan : Sesuaikan tingkat untuk tekanan darah rendah normal. Rata - rata dosis perawatan berkisar antara 1 hingga 12 mcg/menit.

Dosis untuk syok pada orang dewasa :
  • Dosis awal : 2 hingga 4 mcg/menit.
  • Dosis perawatan : Sesuaikan tingkat untuk tekanan darah rendah normal. Rata - rata dosis perawatan berkisar antara 1 hingga 12 mcg/menit.


Dosis norepinephrine untuk anak - anak
  • Dosis norepinephrine untuk pasien anak - anak belum ditetapkan. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika diberikan kepada pasien anak.


Efek samping

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat norepinephrine adalah :
  • Gatal - gatal
  • Kesulitan bernapas
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search