Tuesday, July 23, 2019

Ketahui Beberapa Ciri Kehamilan Kembar

Ketahui Beberapa Ciri Kehamilan Kembar


Kembar atau anak kembar merupakan dua atau lebih individu yang berasal dari rahim yang sama, dilahirkan pada hari yang sama, dan biasanya memiliki rupa yang sama atau mirip satu sama lain. Pada manusia, ibu yang mengandung anak kembar akan mengalami persalinan berganda dan biasanya masa mengandungnya lebih singkat daripada masa kehamilan bayi tunggal. Ada dua jenis kembar didunia ini, yaitu kembar identik dan kembar tidak identik. Pada kembar identik, bayi berasal dari satu buah sel telur yang dibuahi oleh satu sel sperma. Telur yang sudah dibuahi itu kemudian membelah menjadi dua atau lebih dan menghasilkan dua janin yang memiliki persamaan DNA, golongan darah, dan karakterisitik fisik seperti warna kulit, warna rambut, hingga warna mata. Jenis kelaminnya biasanya sama dan memiliki wajah yang sangat mirip bagai pinang dibelah dua.

Sedangkan kembar tidak identik atau disebut juga fraternal twins tumbuh dari dua sel telur dan dua sel sperma yang berbeda, tidak berbagi plasenta maupun kantung ketuban, serta biasanya memiliki rupa yang tidak semirip dengan kembar identik. Golongan darah dan jenis kelaminnya pun bisa sama, bisa juga berbeda. Belum ada penelitian yang dapat mengungkap mengapa suatu kehamilan biasa menghasilkan bayi kembar, terutama untuk kembar identik. Sebenarnya, semua wanita memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan bayi kembar identik. Tetapi, kemungkinan kehamilan identik hanya terjadi 1 dari 350  - 400 kehamilan yang terjadi. Ukuran perut yang besar selama masa kehamilan sering diartikan sebagai ciri - ciri dari kehamilan kembar. Padahal, ciri - ciri kehamilan kembar tidak dapat dilihat dengan mudah secara kasat mata.



Berikut ini merupakan beberapa tanda kehamilan kembar yang perlu dipahami, yaitu :

1. Hormon HCG lebih tinggi

Human Gonadotropin atau HCG adalah hormone yang diproduksi oleh plasenta setelah embrio menempel pada dinding rahim. Hormon inilah yang menyebabkan munculnya hasil positif pada saat anda melakukan pemeriksaan kehamilan dengan metode urine.

2. Terdengar detak jantung ganda

Detak jantung janin mulai dapat terdengar pada akhir trimester pertama. Untuk mendeteksinya, dokter menggunakan alat yang disebut Doppler. Detak jantung yang terdengar ganda biasanya menjadi salah satu tanda dari kehamilan kembar. Meski demikian, detak jantung ganda yang diperoleh dari Doppler tidak bisa dijadikan acuan mutlak kehamilan kembar. Ini disebabkan karena detak jantung kedua yang muncul bisa berasal dari jantung ibu atau merupakan gema dari detak jantung bayi.

3. Morning sickness yang lebih parah

Beberapa wanita hamil mengalami morning sickness yang disebabkan oleh lonjakan berbagai hormone selama kehamilan. Pada kehamilan kembar, jumlah hormone ini diduga meningkat dua kali lipat sehingga gejala morning sickness semakin parah.

4. Tinggi fundus yang lebih besar


Fundus adalah jarak antara puncak tulang kemaluan dengan puncak rahim yang diukur selama kehamilan. Tinggi fundus semakin bertambah seiring dengan penambahan berat badan dan usia kehamilan sehingga digunakan sebagai salah satu indikator kesehatan janin. Wanita yang mengalami hamil kembar akan memiliki ciri berupa bobot janin yang lebih besar. Rahim pun meregang lebih jauh agar kedua janin mendapatkan cukup ruang. Dampaknya adalah wanita yang mengalami hamil kembar akan memiliki tinggi fundus lebih besar dibandingkan kehamilan normal.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search