Tuesday, July 23, 2019

Pentingnya Zat Besi Saat Hamil

Pentingnya Zat Besi Saat Hamil


Kehamilan dapat membuat banyak perubahan tubuh pada wanita. Saat hamil, wanita  membutuhkan pasokan darah segar dua kali lipat lebih banyak dari sebelumnya. Apabila kebutuhan darah ini tidak terpenuhi, maka wanita hamil sangat rentan terkena anemia. Anemia yang terjadi pada ibu hamil tidak boleh dibiarkan begitu saja, karena dapat membahayakan ibu hamil tersebut dan janin yang ada dalam kandungannya. Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Sel darah merah yang ada didalam tubuhnya dibawah batas normal. Anemia juga bisa terjadi ketika sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin yang berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Anemia pada ibu hamil umumnya disebabkan oleh masalah kekurangan gizi.

Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan seseorang merasa cepat lelah atau lemah karena organ dalam tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi. Orang yang mengalami anemia dapat mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti sesak napas, pusing, atau sakit kepala. Beberapa kondisi kesehatan seperti pendarahan, penyakit ginjal, dan gangguan sistem imun tubuh juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah. Salah satu jenis anemia yang sering terjadi pada ibu hamil adalah anemia defisiensi zat besi. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, kekurangan gizi juga dapat menyebabkan anemia. Salah satu zat gizi yang membentuk sel darah merah adalah zat besi. Jika seseorang memiliki kadar zat besi yang rendah dibawah batas normal, maka orang tersebut berpotensi mengalami anemia defisiensi besi. Hal ini dapat menjadi masalah serius jika dialami oleh ibu hamil.

Zat besi diperlukan untuk membantu tubuh memperoduksi sel darah merah yang kaya akan oksigen dan nutrisi. Aliran darah yang mengandung oksigen dan nutrisi sangat pentinguntuk mendukung proses tumbuh kembang janin dan memelihara kondisi plasenta agar tetap optimal. Penyebab utama dari anemia defisiensi zat besi adalah kurang mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, baik sebelum, maupun selama hamil. Namun, mendapatkan asupan zat besi dari makanan saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan ketika hamil, volume darah akan bertambah hingga 50% agar dapat mencukupi kebutuhan diri sendiri dan janin dalam kandungan. Itulah mengapa kebutuhan zat besi harus dipenuhi menggunakan suplemen zat besi.

Salah satu risiko yang dapat terjadi jika ibu hamil mengalami kekurangan zat besi adalah terkena penyakit anemia atau darah rendah. Penyakit darah rendah bukanlah kondisi yang dapat sembuh dengan sendirinya. Apabila jumlah sel darah merah yang ada didalam tubuh terlalu sedikit, maka ibu dan janin yang dikandungnya dapat mengalami kekurangan gizi. Jika hal ini terjadi tentunya dapat membahayakan keselamatan mereka. Anemia parah yang terjadi pad atrimester pertama dilaporkan dapat meningkatkan risiko bayi lambat/gagal berkembang dalam kandungan, lahir premature, memiliki berat badan rendah saat lahir, hingga skor APGAR yang rendah. Anemia parah yang terjadi pada ibu hamil juga dapat menyebabkan kerusakan organ vital seperti otak dan jantung, bahkan kematian.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi selama masa kehamilan, dokter mungkin akan menyarankan anda untuk menambah lebih banyak makanan yang mengandung tinggi zat besi dan asam folat setiap hari. Awalnya, anda hanya akan membutuhkan tambahan 0,8 mg zat besi perharipada trimester pertama, hingga 7,5 mg perhari pada trimester ke tiga. 


Beberapa makanan yang mengandung zat besi dalam jumlah yang tinggi diantaranya :
  • Daging sapi atau unggas yang dimasak matang.
  • Makanan laut seperti ikan, cumi, kerang, dan udang yang dimasak matang.
  • Telur yang dimasak matang.
  • Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sebagainya.
  • Kacang polong.
  • Produk susu dan olahan susu yang telah di pasteurisasi.
  • Kentang.
  • Gandum.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search