Monday, July 15, 2019

Ketoprofen : Obat Untuk Meredakan Nyeri Akibat Berbagai Kondisi

Ketoprofen : Obat Untuk Meredakan Nyeri Akibat Berbagai Kondisi


Nyeri adalah perasaan tidak nyaman yang umumnya disebabkan oleh rangsangan yang kuat atau merusak. Para ahli secara luas mendefinisikan nyeri sebagai suatu sensori yang tidak menyenangkan dan pengalaman emosional yang berhubungan dengan kerusakan jaringan aktual atau digambarkan sebagai kerusakan tersebut. Sebagian besar nyeri dapat reda setelah stimulus berbahaya dihilangkan dan tubuh telah sembuh. Tetapi, terkadang rasa nyeri dapat muncul meski tidak terdeteksi adanya stimulus, kerusakan, maupun penyakit.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk meredakan nyeri adalah ketoprofen. Ketoprofen merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri yang disebabkan oleh berbagai kondisi. Obat ini sering digunakan untuk mengurangi nyeri, bengkak, dan kaku sendi akibat radang sendi, arthritis, rematik, dan asam urat. Ketiprofen termasuk kedalam golongan obat nonsteroidal anti inflammatory (NSAID). Obat ini bekerja dengan cara memblok produksi substans alami tubuh yang dapat menyebabkan peradangan. Efek ini dapat membantu anda untuk meredakan bengkak, nyeri, dan demam.

Ketoprofen dapat diperoleh dengan resep dokter maupun tanpa resep dokter. Jika anda menggunakan produk ketoprofen tanpa resep dokter, bacalah semua aturan yang tertera pada kemasan sebelum menggunakan obat. Obat ini biasanya dikonsumsi sebanyak 3 - 4 kali sehari dengan segelas air. Jangan berbaring selama minimal 10 menit setelah mengkonsumsi ketoprofen untuk memaksimalkan khasiat dari obat ini. Dosis obat ketoprofen diberikan berdasarkan kondisi medis anda dan respon anda terhadap pengobatan. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis ketoprofen untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk nyeri dan peradangan musculoskeletal dan sendi :
  • 50 - 100 mg melalui suntikan ke dalam otot gluteal tiap 4 jam. Dosis maksimal : 200 mg dalam 24 jam selama 3 hari.

Dosis dewasa untuk nyeri dan peradangan :
  • 25 - 50 mg per oral tiap 6 - 8 jam. Dosis maksimal : 300 mg/hari dalam dosis terbagi.

Dosis dewasa untuk gangguan rematik :
  • Oral : 100 - 200 mg/hari dalam 2 - 4 dosis terbagi. Dosis maksimal : 300 mg/hari dalam dosis terbagi.
  • Rektal : 100 mg saat malam hari atau 2 kali sehari. Sebaiknya tidak lebih dari 200 mg/hari.


Dosis ketoprofen untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ditemukan ketentuan dosis ketoprofen untuk anak - anak. Obat ini mungkin mengandung zat berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lainnya, ketoprofen juga memiliki efek samping bagi kesehatan jika dikonsumsi. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan obat ketoprofen yaitu :
  • Sakit perut, diare, sembelit, dan kembung
  • Pusing, sakit kepala dan gugup
  • Gatal atau ruam kulit
  • Mulut kering
  • Banyak berkeringat dan pilek
  • Penglihatan kabur
  • Telinga berdenging




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search