Monday, July 15, 2019

Pemetrexed : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Kanker Paru - Paru

Pemetrexed : Obat Kemoterapi Untuk Mengatasi Kanker Paru - Paru


Kanker Paru - paru merupakan penyakit yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkontrol pada jaringan paru - paru. Bila tidak segera ditangani, pertumbuhan sel ini dapat menyebar keluar dari jaringan paru - paru dan menginfeksi jaringan terdekatnya. Penyebab paling umum dari penyakit kanker paru - paru adalah paparan asap tembakau dalam jangka waktu yang lama. Perawatan terhadap pasien pengidap kanker paru - paru dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu pembedahan, kemoterapi, dan radioterapi. Kemoterapi merupakan salah satu pilihan pengobatan terhadap penyakit kaker paru - paru. Pengobatan dengan metode kemoterapi menggunakan obat - obatan atau bahan - bahan kimia untuk membunuh sel - sel kanker yang ada didalam tubuh.

Salah satu obat kemoterapi yang digunakan dalam perawatan penyakit kanker paru - paru adalah pemetrexed. Pemetrexed merupakan obat yang digunakan untuk mengobati tipe kanker tertentu seperti kanker paru - paru dan mensothelioma. Pemetrexed termasuk kedalam kelas obat cytoxic chemotheraphy. Pemetrexed dapat digunakan sendiri atau  dikombinasikan dengan obat lain utuk memperlambat atau menghentikan tumbuhnya sel kanker. Obat ini diberikan dengan cara disuntik oleh ahli medis. Pemberian pemetrxed dengan metode suntikan biasanya memakan waktu hingga 10 menit. Obat ini biasanya diberikan sekali setiap 3 minggu. Pemetrexed merupakan jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis pemetrexed untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk malignant pleural mesathelioma :
  • Dosis awal : 500 mg/m2 pemetrexed diberikan melalui infuse selama 10 menit dari hari pertama sampai hari ke-21 dengan cisplatin. Pasien seharusnya menerima hidrasi selama pemberian cisplatin.
  • Sebelum pengobatan dengan pemetrexed dimulai, kurangi reaksi atau masalah yang berhubungan dengan kulit. Pemberian pemetrexed 4 mg diberikan melalui mulut 2 kali sehari.

Dosis dewasa dengan sel kanker paru - paru :
  • Dosis awal : 500 mg/m2 pemetrexed diberikan dengan infuse selama 10 menit sehari selama 21 hari.
  • Pengobatan awal pemetrexed mengurangi risiko terjadinya kecelakaan atau reaksi yang tidak wajar. Pemberian pemetrexed biasanya diberikan 4 mg melalui mulut selama dua kali sehari.


Dosis pemetrexed untuk anak - anak
  • Hingga saat ini belum ada ketentuan dosis pemetrexed untuk anak - anak. Obat ini mungkin dapat berbahaya jika diaplikasikan kepada anak - anak.


Efek samping

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan obat pemetrexed, yaitu :
  • Lelah
  • Mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan
  • Rasa terbakar pada lambung dan sakit perut
  • Diare dan konstipasi
  • Rambut rontok
  • Gatal ringan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search