Monday, July 15, 2019

Piperazine : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Cacing

Piperazine : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Cacing


Infeksi cacing atau dalam bahasa sehari - hari disebut cacingan merupakan kumpulan gejala gangguan kesehatan akibat adanya cacing parasit didalam tubuh. Cacing yang dapat menyebabkan infeksi umumnya adalah cacing yang bersifat parasit seperti cacing pita, cacing kremi, dan cacing tambang. Penyakit cacingan seringkali dianggap sebagai penyakit sepele oleh sebagian orang, padahal penyakit ini dapat menurunkan tingkat kesehatan seorang anak. Beberapa hal yang dapat terjadi akibat terinfeksi cacing parasit diantaranya dapat menyebabkan anemia, IQ menurun, lemas dan tidak bergairah, mengantuk, malas beraktivitas, serta memiliki berat badan yang rendah.

Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi cacing adalah piperazine. Piperazine termasuk kedalam golongan obat anthelmintics. Obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing. Piperazine digunakan untuk mengobati cacing gelang umum dan cacing kremi. Piperazine bekerja dengan cara melumpuhkan cacing, lalu dibuang melalui tinja. Obat ini hanya dapat diperoleh dengan resep dokter. Piperazine dapat diminum dengan atau tanpa makanan. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis piperazine untuk orang dewasa

Dosis dewasa untuk cacing gelang biasa atau cacing kremi :
  • Orang dewasa dan remaja 2 gram 3 kali sehari selama 1 hari. Pengobatan mungkin perlu diulang dalam 2 minggu.


Dosis piperazine untuk anak - anak

Dosis anak - anak untuk cacing gelang biasa atau cacing kremi :
  • Usia sampai dengan 2 tahun : Dosis harus ditentukan oleh dokter anda.
  • Usia 2 sampai 8 tahun : 2 gram sekali sehari selama 1 hari.
  • Usia 8 sampai 14 tahun : 2 gram 2 kali sehari selama 1 hari.


Efek samping


Bersamaan dengan manfaat yang didapatkan, setiap obat juga memiliki efek samping. Sama seperti obat - obatan jenis lainnya, piperazine juga memiliki beberapa efek samping jika dikonsumsi. Tetapi, tidak semua orang dapat mengalami dan merasakan efek samping tersebut. Piperazine termasuk obat yang memiliki efek samping rendah bahkan nyaris tidak memiliki efek samping.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search