Tuesday, July 2, 2019

Povidone Iodine : Obat Untuk Mengobati Luka Dan Infeksi Ringan

Povidone Iodine : Obat Untuk Mengobati Luka Dan Infeksi Ringan


Ketika seseorang mengalami luka kecil pada salah satu bagian tubuh, umumnya orang tersebut menggunakan obat antiseptic untuk mengobati lukanya. Obat antiseptic merupakan obat yang berguna untuk mengobati luka. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri yang terdapat pada luka, serta mencegah infeksi yang terjadi pada luka tersebut. Salah satu jenis obat antiseptic yang sering diunakan untuk mengobati luka dan mencegah infeksi ringan adalah povidone iodine. Povidone iodine adalah obat yang berfungsi untuk mengobati luka ringan dan infeksi, serta membunuh bakteri. Larutan povidone/yodium merupakan kombinasi antiseptic. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri yang sensitive terhadap luka.

Berikut ini merupakan cara penggunaan dan cara penyimpanan povidone iodine, yaitu :
  • Bersihkan daerah yang luka/terkena infeksi. Oleskan sedikit larutan povidone iodine ke daerah yang terkena infeksi. Daerah yang terkena infeksi dapat dibiarkan terbuka setelah dioleskan dengan obat ini, atau anda juga dapat menutupnya dengan perban steril.
  • Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari sinar matahari langsung dan jangan menyimpan povidone iodine pada tempat yang lembab.


Dosis povidone iodine untuk orang dewasa

Kebersihan mulut :
  • Bilas mulut dengan 10 ml dari larutan 10% yang diencerkan atau tidak diencerkan dengan jumlah air hangat yang seimbang selama 30 detik dan dilanjutkan selama 14 hari.

Kandidiasis oral :
  • Bilas mulut dengan obat kumur larutan 1%.

Pengobatan dan pencegahan infeksi luka :
  • Terapkan 0,5% - 5% serbuk oles pada daerah yang terkena.

Kandidiasis vagina :
  • 200 mg diberikan sebagai pessaries.


Dosis povidone iodine untuk anak - anak
  • Keamanan dan efektivitas povidone iodine belum ditetapkan untuk pasien anak yang berusia kurang dari 18 tahun.


Efek samping


Semua obat pasti memiliki efek samping, termasuk obat povidone iodine. Tetapi tidak semua orang dapat mengalami efek samping dari obat tersebut. Efek samping yang dapat terjadi akibat penggunaan obat povidine iodine adalah iritasi kulit. Carilah bantuan medis dan segera hubungi dokter anda jika anda mengalami efek samping tersebut.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search