Wednesday, August 21, 2019

Bupropion : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Depresi

Bupropion : Obat Untuk Mengatasi Gangguan Depresi


Depresi merupakan kondisi yang digambarkan sebagai suatu kelainan mood yang menyebabkan perasaan sedih dan hilang minat yang menetap. Depresi dapat mempengaruhi perasaan anda, cara berfikir anda, serta dapat membuat anda memiliki berbagai masalah emosi dan fisik. Jika rasa sedih berlangsung selama beberapa hari atau minggu, mengganggu pekerjaan atau kegiatan, atau berfikir untuk bunuh diri, kemungkinan hal tersebut merupakan depresi. Salah satu obat yang sering digunakan untuk mengatasi depresi adalah bupropion.

Bupropion merupakan obat yang sering digunakan untuk mengatasi gangguan depresi. Selain itu, obat ini juga digunakan untuk mengobati attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) dan membantu mengatasi kecanduan merokok serta bipolar disorder. Konsumsilah obat ini sesuai dengan petunjuk dokter dan ikuti instruksi yang tertera pada kemasan. Jangan menambah atau mengurangi dosis dari yang telah diresepkan karena risiko terjadinya efek samping bisa sangat besar. Jangan konsumsi lebih dari 150 mg obat untuk sekali penggunaan dan jangan pernah mengkonsumsi lebih dari 450 g sehari.

Bupropion dapat menyebabkan gangguan tidur dan mengurangi risiko terjadinya kejang. Untuk mencegah terjadinya masalah tidur ini, jangan mengkonsumsi obat dekat dengan waktu tidur anda. Selain itu, jangan mengemudi maupun mengoperasikan mesin yang memerlukan konsentrasi penuh setelah anda mengkonsumsi obat ini. Minumlah obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang optimal. Untuk membantu anda mengingat, minumlah obat ini pada waktu yang sama setiap hari. Bupropion merupakan jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis bupropion untuk orang dewasa

Untuk mengobati depresi :
  • Dosis awal : 100 mg oral 2 kali sehari. Dosis obat akan meningkat setelah 3 hari penggunaan, 100 mg 3 kali sehari.
  • Dosis lanjutan : 100 mg oral 3 kali sehari.
  • Dosis maksimal : 450 mg oral per hari, maksimal 4 kali penggunaan.

Untuk menghentikan kebiasaan merokok :
  • Dosis awal : 150 mg oral 3 kali sehari.
  • Dosis lanjutan : 150 mg oral 2 kali sehari.
  • Dosis maksimal : Dosis obat harian tidak boleh lebih dari 300 mg, untuk sekali penggunaan tidak boleh lebih dari 150 mg.
  • Durasi : 7 sampai 12 minggu.


Dosis bupropion untuk anak - anak

Hingga saat ini belum ditemukan dosis bupropion untuk anak - anak. Mungkin terdapat zat yang berbahaya jika dikonsumsi oleh anak - anak.


Efek samping

Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang dapat terjadi akibat mengkonsumsi obat bupropion, diantaranya adalah :
  • Mulut kering, mual, dan sakit perut.
  • Sakit kepala, pusing, dan telinga berdenging.
  • Tidak tertarik untuk berhubungan seksual.
  • Sakit tenggorokan, nyeri otot.
  • Kulit gatal, mudah berkeringat, dan sering buang air kecil.
  • Perubahan nafsu makan, berat badan naik atau turun.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search