Wednesday, August 21, 2019

Ketahui Dampak Dan Cara Mengatasi Gangguan Tiroid Pada Wanita

Ketahui Dampak Dan Cara Mengatasi Gangguan Tiroid Pada Wanita


Gangguan tiroid atau penyakit tiroid merupakan masalah umum yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon tiroid yang ada didalam tubuh anda. Masalah dapat terjadi ketika kelenjar tiroid kurang aktif (hipotiroid) atau terlalu aktif (hipertiroid). Kelenjar tiroid berbentuk seperti kupu - kupu dan terletak di depan leher. Dari beberapa Negara yang ada di asia tenggara, Indonesia menempati urutan pertama dalam kasus gangguan tiroid. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Tiroid merupakan kelenjar yang menghasilkan hormon endokrin. Kelenjar ini terletak dibagian depan dan bawah leher dengan bentuk menyerupai kupu - kupu.

Kelenjar tiroid memiliki fungsi untuk mengatur banyaknya sel atau jaringan dan organ tubuh anda. Hormon tiroid dalam jumlah normal dapat memaksimalkan perkembangan tubuh dan otak anda. Tidak hanya jumlahnya yang kekurangan atau kelebihan, gangguantiroid pada wanita juga dapat disebabkan oleh kelainan fungsi dan bentuk tiroid. Gejala gangguan tiroid pada wanita seringkali tidak terdeteksi. Hal ini dikarenakan beberapa gejala gangguan tiroid mirip dengan kondisi penyakit lain. Gangguan tiroid terbagi menjadi dua, yaitu hipotiroid dan hipertiroid.


Berikut ini merupakan beberapa gejala gangguan tiroid, baik hipotiroid maupun hipertiroid, yaitu :

Gejala hipertiroid :
  • Sering merasa kepanasan
  • Berat badan menurun
  • Sering berkeringat
  • Rambut rontok
  • Tangan tremor
  • Detak jantung cepat

Gejala hipotiroid :
  • Sembelit
  • Berat badan naik drastis
  • Rambut rontok
  • Kuku rapuh
  • Depresi
  • Cepat lelah

Gangguan tiroid cenderung lebih rentan terjadi pada wanita. Hal ini dikarenakan hormone estrogen yang dimiliki oleh wanita. Gangguan tiroid termasuk salah satu penyakit autoimun. Penyakit autoimun sendiri memang diketahui lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria. Umumnya, gangguan tiroid yang terjadi pada wanita dapat berdampak serius pada kehidupannya sehari - hari. Bahkan, kondisi ini juga dapat menurunkan kualitas hidup.


Berikut ini merupakan beberapa dampak gangguan tiroid yang terjadi pada wanita, yaitu :

1. Membuat siklus menstruasi berantakan

Hormon tiroid merupakan hormon yang membantu mengendalikan siklus menstruasi wanita. Terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon tiroid yang ada pada tubuh anda, dapat membuat haid menjadi terlalu sedikit, terlalu banyak, atau bahkan siklusnya tidak teratur. Gangguan tiroid juga dapat menyebabkan siklus menstruasi terhenti selama beberapa bulan atau lebih. Jika gangguan tiroid menyebabkan masalah pada sel telur wanita, maka anda memiliki risiko mengalami menopause dini sebelum usia 40 tahun.

2. Berdampak pada kesuburan

Beberapa jenis gangguan tiroid seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme dapat menyebabkan ketidak suburan pada wanita. Hal ini karena hormon tiroid dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh wanita yang mengatur ovulasi. Gangguan tiroid yang berupa hipotiroidisme pada wanita juga dapat menyebabkan tubuh memperoduksi lebih banyak prolaktin. Prolaktin adalah hormon yang merangsang tubuh untuk memproduksi ASI. Terlalu banyak prolaktin tentunya dapat mencegah terjadinya ovulasi.


Untuk mengatasi masalah gangguan tiroid pada wanita, umumnya harus dilakukan skrining atau tes terlebih dahulu untuk mengetahui jenis gangguan yang dialami. Untuk gangguan hipertiroid, umumnya dokter akan memberikan obat antitiroid untuk mengatasi kelebihan hormon tiroid pada tubuh anda. Sedangkan untuk mereka yang mengalami hipotiroid, umumnya dokter akan memberikan hormon tiroid yang akan dikombinasikan dengan obat antibiotic dan obat antinyeri. Mereka yang mengalami gangguan tiroid karena kanker, dibutuhkan kombinasi obat, terapi radioaktif, dan bahkan diperlukan prosedur operasi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search