Tuesday, August 6, 2019

Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit Bayi

Cara Mengatasi Iritasi Pada Kulit Bayi


Kulit bayi terlebih bayi yang baru lahir, masih sangat rentan mengalami berbagai infeksi dan iritasi. Meskipun iritasi pada kulit bayi tidak berbahaya, tetapi kondisi ini dapat membuat bayi menjadi tidak nyaman dan cenderung sering menangis atau rewel. Biasanya, iritasi pada kulit bayi akan menimbulkan rasa gatal dan warna kemerahan pada kulit. Iritasi pada kulit bayi disebabkan karena kulit bayi jauh lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Selain itu, fungsi proteksi pada kulit bayi belum berkembang secara sempurna. Akibatnya, jika terpapar zat kimia ataupun kuman, bayi akan mudah mengalami iritasi. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai penyebab iritasi pada kulit bayi beserta cara mengatasinya.


Berikut ini merupakan beberapa penyebab iritasi pada kulit bayi yang sering ditemui, yaitu :

1. Ruam popok

Ruam popok merupakan jenis iritasi kulit yang berupa ruam yang berwarna kemerahan dan dapat menyebabkan rasa gatal pada area bokong bayi. Ruam popok biasanya terjadi pada area bokong yang tertutup popok. Kondisi sini disebabkan karena popok yang jarang diganti sehingga terjadi gesekan dan timbulnya iritasi pada bokong bayi antara kulit bayi dengan popok.

2. Eksim

Eksim atau dermatitis merupakan salah satu jenis masalah kulit yang sering terjadi pada bayi yang ditandai dengan kulit kering, bersisik, kemerahan, dan disertai gatal. Eksim biasanya muncul pada area wajah seperti pipi, siku, lengan, dan dada. Dermatitis dapat disebabkan oleh berbagai penyebab seperti alergi terhadap produk bayi tertentu, infeksi bakteri, dan sebagainya.

3. Kulit kering

Kulit kering juga merupakan salah satu masalah kulit yang sering dijumpai pada bayi. Penyebab kulit kering adalah perubahan suhu lingkungan yang cukup ekstrem misalnya terlalu dingin atau terlalu panas. Selain itu, berendam pada air panas terlalu lama juga dapat menyebabkan kulit bayi kehilangan kelembabannya.

4. Biang keringat

Bercak atau bintik kemerahan yang disebabkan oleh biang keringat dapat menyebabkan bayi rewel. Hal ini dikarenakan rasa gatal yang dirasakan oleh bayi dan biasanya disertai dengan rasa panas. Biang keringat biasanya terjadi pada daerah kulit bayi yang tertutup baju atau lipatan kulit seperti pada punggung, leher, atau paha.

Anda tidak perlu khawatir jika bayi anda mengalami iritasi kulit, karena iritasi kulit dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat.


Berikut ini merupakan beberapa tips untuk mencegah dan mengatasi iritasi yang terjadi pada kulit bayi, yaitu :
  • Pilihlah produk - produk yang cocok untuk bayi anda. Perhatikan label hypoallergenic atau produk khusus kulit sensitive, sehingga kandungan bahannya tidak akan mengiritasi kulit bayi.
  • Gantilah popok sesering mungkin. Jangan biarkan popok dipakai terlalu lama. Kondisi bokong yang lembab dan tertutup popok dapat menyebabkan iritasi kulit.
  • Gunakan popok yang sesuai dengan ukuran bayi, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.
  • Jangan gunakan air yang terlalu panas untuk memandikan bayi.
  • Jangan merendam bayi terlalu lama.
  • Jagalah agar bagian lipatan kulit bayi tetap kering dan tidak lembab.
  • Gunakan pelembab secara teratur agar bayi terhindar dari kulit kering.
  • Pastikan bayi mendapatkan cukup asupan cairan.
  • Hindarilah terik matahari agar bayi tidak terlalu berkeringat.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search