Tuesday, August 6, 2019

Pentingnya Vaksin TORCH Untuk Wanita

Pentingnya Vaksin TORCH Untuk Wanita


Apakah anda mengenal apa itu vaksin TORCH dan pernahkah anda mendapatkannya ? Vaksin TORCH merupakan pemberian vaksin yang bertujuan untuk mencegah serangan berbagai jenis penyakit, terutama selama kehamilan. TORCH bukanlah sebuah penyakit khusus, melainkan gabungan dari beebrapa nama penyakit yaitu toksoplasmosis, others, rubella, cytomegalovirus, dan herpes. Jenis penyakit lain yang masih termasuk kedalam TORCH adalah HIV, hepatitis, varicella, dan parvovirus. Namun terkadang TORCH disebut juga dengan TORCHS dengan tambahan penyakit sifilis di belakangnya.

Pemberian vaksin TORCH merupakan salah satu upaya pencegahan yang diberikan agar seseorang tidak terserang keempat jenis penyakit tersebut. Bagi anda yang sedang merencanakan kehamilan, vaksin torch adalah salah satu jenis vaksin yang sebaiknya didapatkan oleh setiap wanita. Hal ini bukannya tanpa alasan, itu karena infeksi virus TORCH berisiko membahayakan kesehatan anda dan janin yang ada didalam kandungan anda. Hal ini dapat menyebabkan kesehatan anda dan janin bisa terganggu dan bahkan dapat berakibat fatal. Oleh karena bertujuan untuk mencegah infeksi virus dari berbagai penyakit tersebut, pemberian vaksin TORCH tidak bisa diberikan secara sembarangan.

Sebelum menikah merupakan waktu yang sangat dianjurkan bagi seorang wanita untuk mendapatkan vaksin TORCH. Atau setidaknya vaksin TORCH bisa diberikan beberapa bulan lebih awal sebelum memulai kehamilan. Hal ini dikarenakan setelah mendapatkan vaksin TORCH, tubuh memerlukan waktu agar vaksin dapat mulai bekerja didalamnya. Dengan begitu, diharapkan kondisi anda dan janin selama kehamilan selalu dalam keadaan sehat dan prima. Sedangkan jika anda baru melakukan vaksinasi dengan vaksin TORCH ketika hamil, justru vaksin ini tidak dapat bekerja secara efektif. Bahkan ada kemungkinan bahwa vaksin tersebut dapat mengancam kesehatan janin yang ada didalamnya. Hal ini dikarenakan pada dasarnya vaksinasi merupakan proses untuk memasukkan virus (bibit penyakit) hidup atau mati yang sudah di lemahkan.


Sebelum mendapatkan vaksin TORCH, biasanya anda akan diminta untuk melakukan tes darah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah anda memiliki virus TORCH atau tidak. Jika hasilnya negative, anda boleh bernapas lega karena berarti tidak ada virus TORCH didalam tubuh anda baik untuk saat ini, maupun di masa lalu. Sedangkan jika hasilnya positif, artinya ditemukan satu atau lebih infeksi TORCH di dalam tubuh anda. Bagi anda yang dinyatakan positif memiliki virus TORCH padahal sedang merencanakan kehamilan, dokter dapat menetukan rencana perawatan untuk mengatasi kondisi ini.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search