Tuesday, August 6, 2019

Ketahui Makanan Yang Dapat Menyebabkan Menopause Dini

Ketahui Makanan Yang Dapat Menyebabkan Menopause Dini


Menopause merupakan fenomena berhentinya produksi hormone reproduksi perempuan sehingga menyebabkan seorang perempuan tidak lagi mengalami siklus menstruasi. Umumnya, wanita mengalami masa menopause pada usia 45 hingga 55 tahun. Seorang perempuan dikatakan mengalami menopause dini jika mengalami menopause pada usia dibawah 40 tahun. Banyak yang berpendapat bahwa menopause dini disebabkan oleh kegagalan ovarium dini, tetapi ternyata tidak demikian. Meskipun memiliki gejala dan efek yang sama, menopause dini tidak dapat disembuhkan karena ovarium sudah berhenti menghasilkan hormone secara normal. Sedangkan kegagalan ovarium dini disebabkan oleh defisiensi hormone dan dapat diatasi dengan terapi hormone estrogen.

Menopause ditandai dengan perubahan hormone saat masa transisi yang disebut dengan premenopause. Transisi ini terjadi dalam jangka waktu beebrapa tahun dan berakhir dalam satu tahun sebelum menstruasi terakhir. Fase ini dimulai saat menjelang usia 50 tahun. Tetapi, menopause juga dapat terjadi lebih awal, yaitu pada usia dibawah 40 tahun dan hal ini disebut dengan menopause dini. Meskipun terjadi lebih awal, menopause dini tetap memiliki efek yang sama dengan menopause pada usia lanjut. Hal ini dikarenakan perubahan hormone estrogen, hanya saja pada kasus menopause dini, perubahan hormone estrogen tersebut terjadi lebih cepat.


Berikut ini merupakan beebrapa efek dari menopause dini, yaitu :
  • Gangguan emosi seperti mood dan depresi.
  • Kulit, mata, dan mulut terasa kering.
  • Vagina terasa lebih tipis dan kurang fleksibel.
  • Menurunnya libido.
  • Tubuh sering merasa panas dan berkeringat.
  • Mudah lelah.
  • Tulang keropos.
  • Tidak dapat memiliki keturunan.
  • Lebih rentan terkena penyakit jantung dan stroke

Pada sebuah penelitian terhadap 35.000 wanita inggris yang berusia 40 - 65 tahun, para peneliti menemukan bahwa ada hubungan antara konsumsi karbohidrat dengan penyebab menopause datang lebih cepat. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat olahan mengalami menopause lebih cepat. Karbohidrat olahan adalah salah satu penyebab resistensi insulin. Kandungan insulin yang tinggi ini kemudian mengganggu aktivitas hormone seks dan meningkatkan kadar hormone estrogen. Saat hormone seks terganggu dan kadar estrogen meningkat, jumlah siklus menstruasi juga meningkat dan menguras pasokan sel ovum. Hal inilah yang membuat para peneliti menduga bahwa karbohidrat berperan menyebabkan menopause datang lebih awal.

Tidak hanya karbohidrat olahan, para peneliti juga menemukan bahwa wanita vegetarian mengalami menopause 1 tahun lebih awal dibandingkan mereka yang mengkonsumsi daging. Hasil temuan menunjukkan bahwa kandungan lemak serat tinggi dalam makanan vegetarian berkaitan dengan kadar estrogen yang rendah, dan menjadi penyebab menopause dini. 


Berikut ini merupakan beberapa upaya yang dapat anda lakukan untuk meringankan efek menopause dini, yaitu :
  • Jalani aktivitas fisik dan pola makan seimbang untuk menjaga kesehatan tulang dan jantung.
  • Cukupi kebutuhan kalsium dan vitamin D agar terhindar dari osteoporosis.
  • Hindari asap rokok dan berhentilah merokok.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search