Tuesday, August 6, 2019

Ketahui Finger Food Bagi Bayi Yang Belum Memiliki Gigi

Ketahui Finger Food Bagi Bayi Yang Belum Memiliki Gigi


Pertumbuhan gigi bayi umumnya baru akan terlihat antara usia 4 - 7 bulan. Salah satu tanda terjadinya pertumbuhan pada gigi bayi adalah mulai dari produksi air liur yang lebih banyak dari sebelumnya, hingga rangsangat untuk menggigit berbagai benda disekitarnya. Ibu tidak perlu resah ataupun gelisah ketika bayi anda menggigit apapun yg ada disekitarnya, karena hal tersebut lumrah terjadi dikarenakan ketika tumbuh gigi, biasanya gusi bayi akan terasa gatal. Anda hanya perlu mengawasinya agar bayi tidak menggigit hal - hal yang membahayakan. Waktu pertumbuhan gigi antara satu bayi dengan bayi lainnya memiliki perbedaan dan tidak selalu sama. Untuk itu, ibu tidak perlu khawatir jika anaknya belum mengalami tanda - tanda pertumbuhan gigi walaupun sudah masuk waktunya.

Untuk membantu merangsang proses pertumbuhan gigi bayi, anda dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi bayi dengan MPASI yang memiliki tekstur bervariasi. Bayi memang membutuhkan bantuan anda untuk makan, tetapi seiring dengan bertambahnya usia bayi, ia harus mulai diajari cara makan sendiri. Anda dapat memulainya dengan memberikan finger food. Finger food merupakan makanan yang bisa langsung dimakan oleh bayi dengan cara menggenggam. Pemberian makan dengan finger food bertujuan untuk melatih kemampuan motorik halus pada bayi serta melatih kemandirian pada bayi untuk makan sendiri.


Berikut ini merupakan beberapa rekomendasi finger food yang dapat anda coba untuk melatih kemampuan motorik halus pada bayi, yaitu :

1. Sayuran rebus

Sayuran bisa menjadi bahan finger food untuk bayi dan sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan sayuran mengandung banyak nutrisi yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Anda dapat memilih sayuran seperti wortel kentang, ubi, atau brokoli. Potonglah ukuran sayuran menjadi lebih kecil sehingga mudah digenggam oleh bayi anda. Lau, rebuslah sayuran tersebut hingga teksturnya menjadi lunak dan mudah ditelan oleh bayi.

2. Buah yang teksturnya halus

Buah yang sudah matang memiliki daging buah yang lunak. Hal ini menjadikan buah - buahan sebagai makanan yang cocok dimakan oleh bayi dengan tangannya sendiri. Anda dapat menyiapkan buah pisang, semangka, pepaya, mangga, dan alpukat. Selain dapat mengenalkan rasa yang enak pada bayi, buah - buahan juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan gizi pada bayi.

3. Telur orak arik

Telur merupakan sumber protein yang sangat baik dan dapat dijadikan finger food yang sangat direkomendasikan untuk bayi. Meskipun memiliki banyak nutrisi, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa anak anda tidak mengalami alergi telur.

4. Tahu


Selain telur, tahu juga bisa menjadi sumber protein yang baik bagi bayi. Tahu sangat baik dijadikan finger food untuk bayi karena memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah untuk dimakan.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search