Tuesday, August 6, 2019

Cegah Anencephaly Dengan Mengkonsumsi Makanan Tinggi Asam Folat

Cegah Anencephaly Dengan Mengkonsumsi Makanan Tinggi Asam Folat



Anencephaly merupakan salah satu jenis cacat lahir yang paling umum. Cacat lahir jenis anencephaly bahkan dapat berujung pada kematian. Sekitar 1 dari 1000 kehamilan berpeluan gbesar untuk mengalami komplikasi kehamilan ini. Hal yang membuat kondisi anencephaly cukup berbahaya adalah penyebabnya yang tidak diketahui. Yang dapat dilakukan hanyalah upaya preventif atau pencegahan agar anencephaly tidak terjadi pada bayi yang ada didalam kandungan anda. Salah satu kunci penting dalam upaya pencegahan anencephaly adalah dengan memperbanyak asupan makanan yang tinggi akan kandungan asam folat.

Anencephaly merupakan cacat lahir serius yang menyebabkan bayi terlahir tanpa sebagian otak dan tengkoraknya. Anencephaly termasuk kedalam jenis cacat tabung syaraf. Tabung syaraf adalah struktur embrio yang berkembang menjadi otak, tengkorak bayi, dan sumsum tulang serta susunan syaraf yang menyertainya. Kondisi ini terjadi ketika tabung syaraf bagian atas gagal menutup dengan sempurna. Akibatnya otak dan sumsum tulang belakang bayi yang masih berkembang terkontaminasi oleh air ketuban. Paparan cairan ketuban ini kemudian menyebabkan jaringan sistem syaraf menjadi terurai dan hancur. Hal ini menyebabkan bayi terlahir tanpa otak besar dan otak kecil.

Hampir semua bayi yang didiagnosis mengalami anencephaly meninggal saat masih ada didalam kandungan. Kondisi ini tidak dapat disembuhkan. Jikalau bayi berhasil bertahan didalam kandungan sampai akhir kehamilan, bayi tersebut akan meninggal dalam beberapa jam ataupun dalam beebrapa hari. Penyebab pasti dari anencephaly tidak diketahui. Namun kurangnya asupan asam folat sebelum dan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko terjadinya cacat lahir pada bayi, termasuk cacat tabung syaraf yang menyebabkan penyakit anencephaly.

Penenlitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi suplemen asam folat sebelum hamil dan terus dilanjut selama trimester pertama dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat hinga 72%. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsusmi asam folat yang cukup pada awal kehamilan berkaitan dengan berkurangnya risiko keterlambatan berbicara pada anak - anak di usia 3 tahun. The centers for disease control and prevention Amerika Serikat merekomendasikan wanita yang berada dalam usia subur utnuk mengkonsumsi 0,4 mg asam folat perhari untuk mencegah terjadinya cacat lahir, setidaknya satu bulan sebelum hamil. Wanita yang mengkonsumsi folat setiap hari sesuai dengan dosis yang direkomendasikan mulai dari satu bulan sebelum pembuahan dan selama trimester pertama kehamilan dapat menurunkan risiko cacat lahir sebanyak 70%.

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang kaya akan kandungan asam folat, yaitu :
  • Terigu dan sereal yang telah difortifikasi folat.
  • Sayuran berdaun hijau seperti bayam, asparagus, brokoli, lobak hijau, dan selada.
  • Buah - buahan seperti jeruk, alpukat, papaya, dan pisang.
  • Kacang polong.
  • Jagung.
  • Produk susu.
  • Ayam, daging sapi, telur, dan ikan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search