Tuesday, August 6, 2019

Menghitung Masa Subur Setelah Keguguran

Menghitung Masa Subur Setelah Keguguran


Keguguran merupakan suatu hal yang sangat tidak diharapkan oleh semua pasangan. Tetapi, anda tidak boleh terus berduka bahkan sampai kapok punya anak setelah mengalaminya. Anda justru harus lebih giat berusaha agar tidak terjadi hal serupa dikemudian hari. Salah satu hal yang dapat anda lakukan adalah dengan menghitung masa subur setelah keguguran. Sebelum merencanakan untuk hamil lagi usai mengalami keguguran, anda mungkin memiliki pertanyaan perihal periode mestruasi nantinya. Bukan hanya menandakan bahwa fisik dan sistem reproduksi anda sudah bekerja normal kembali, tetapi juga dapat digunakan untuk mengetahui kapan masa subur datang jika ingin memperbesar peluang terjadinya kehamilan.

Mengetahui siklus menstruasi anda merupakan salah satu hal penting untuk menghitung masa subur setelah keguguran. Menstruasi wanita biasanya akan kembali dalam kurun waktu 4 - 6 minggu usai keguguran. Namun, sebelum anda kembali menjalani siklus menstruasi, tentunya masa subur akan tiba lebih dulu. Masa subur wanita yang terjadi disekitar masa ovulasi, akan berlangsung paling cepat 2 minggu usai keguguran.


Berikut ini merupakan beberapa langkah yang harus anda ketahui untuk menghitung masa subur usai keguguran, yaitu :

1. Kenali lima siklus menstruasi

Tandai kalender ketika masa menstruasi pertama anda tiba. Lama siklus menstruasi dihitung sejak hari pertama sampai hari terakhir mestruasi. Jika ternyata anda mengalami pendarahan ringan yang bukan menstruasi, beri tanda yang berbeda juga sebanyak hari dimana anda mengalami pendarahan abnormal tersebut. Catatan yang spesifik dapat memudahkan anda untuk mengetahui kapan masa subur dan masa ovulasi anda tiba.

2. Kenali perubahan pada tubuh saat ovulasi tiba

Ada beebrapa wanita yan gmenyadari kehadiran masa suburnya melalui kemunculan tanda - tanda ovulasi. Perhatikanlah apakah lendir pada vagina anda tampak lebih banyak, payudara terasa nyeri, kram ringan, atau nyeri disalah satu sisi panggul, hingga perubahan suhu tubuh.

3. Selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan


Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih akurat, anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter kandungan untuk mengetahui informasi seputar siklus haid, masa subur, serta masa ovulasi anda. Dokter akan membantu anda dengan menjawab semua pertanyaan anda terkait dengan menstruasi usai keguguran, hingga perhitungan masa subur setelah keguguran. Sangat penting untuk anda ingat bahwa keguguran dapat mengubah siklus menstruasi yang sebelumnya anda alami. Setelah mengalami 3 - 6 kali menstruasi rutin setiap bulannya, lama kelamaan anda akan menyadari siklus haid sekaligus masa subur yang sebenarnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search