Tuesday, August 13, 2019

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung


Semua orang pastinya pernah mengalami perut kembung. Biasanya akan bingung mencari obat perut kembung. Lalu, apa sih perut kembung itu? Bagaimana rasanya ketika perut kita kembung?

Perut kembung adalah kondisi di mana perut terasa sangat penuh, tidak nyaman, dan rasanya seperti membesar. Bahkan, kadang bisa menyebabkan rasa nyeri. Bisa terjadi karena maag, masuk angin ataupun kekurangan enzim. Ada kalanya karena saluran pencernaan terisi udara yang berlebih.

Tidak terlalu khawatir jika kita mengalami perut kembung, karena biasanya akan sembuh sendiri. Akan tetapi, perut kembung juga perlu diwaspadai bila mengalami beberapa gejala seperti nyeri perut yang tidak segera sembuh, BAB bercampur darah atau berwarna kehitaman, demam yang tinggi, muntah, dan berat badan turun secara drastis tanpa penyebab yang jelas. Maka segeralah pergi ke dokter, takut terjadi hal yang berbahaya.

Beberapa di antara penderita perut kembung, biasanya berusaha mengeluarkan gas berlebih melalui buang angin dan bersendawa. Semua itu dilakukan untuk menjaga tekanan dalam saluran usus tetap rendah. Terkadang melepaskan gas melalui kentut atau sendawa sebanyak 14 kali dalam sehari baik secara sadar ataupun tidak sadar.

Lalu, bagaimana sebenarnya cara mengobati perut kembung itu?

Ada banyak cara menghilangkan rasa nyeri ketika perut sedang kembung. Antara lain:

 1.             Cukup minum air
Kembung merupakan ciri kalau makanan tidak dicerna dengan baik oleh tubuh. Terkadang karena kurangnya asupan air sehingga menyebabkan perut kembung. Oleh sebab itu, minum beberapa gelas air putih bisa membantu menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh. Asal jangan minum yang bersoda.

2.               Kurangi asupan garam
Langkah selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi garam. Yaitu dengan cara mengonsumsi makanan segar. Konsumsi produk makanan atau minuman yang kandungan garamnya rendah.

3.               Hindari minuman manis beralkohol
Jangan lagi konsumsi minuman yang beralkohol. Hindari pula konsumsi pengganti gula atau pemanis buatan.

4.               Batasi konsumsi susu
Sebisa mungkin hindarilah produk susu yang penuh kandungan gula alami yang disebut laktosa. Karena bisa mengganggu proses pencernaan dan memperparah kondisi perut yang kembung.

5.                Batasi porsi makan
Membatasi porsi makan tidak hanya berfungsi membantu agar berat badan turun, tetapi bisa mengobati perut kembung. Makanlah dengan porsi kecil sekali makan, jangan berlebihan.

6.                Minum sebelum makan
Jangan makan diselingi minum, karena bisa memecah makanan dan cepat kenyang, sehingga perut akan kembung. Sebaiknya minum air putih dulu sebelum makan, kira-kira tiga puluh menit sebelum makan. Hal itu dilakukan agar perut bisa mencerna makanan dengan baik.

7.               Makan dan minum perlahan
Makan dan minum secara perlahan bisa membantu menghindari perut kembung. Sebab, tidak akan menelan udara yang begitu banyak. Berbeda jika makan dengan cara cepat. Maka udaralah yang akan masuk.

8.               Olahraga
Dengan sedikit bergerak maka bisa sedikit mengurasi rasa yang tidak nyaman ketika perut kembung. Olahraga adalah solusi yang sudah terbukti ampuh mengatasi setiap jenis gangguan pencernaan karena membantu mengatur sistem tubuh.


Cara-cara berikut menggunakan bahan yang ada di rumah atau bisa disebut sebagai obat herbal rumahan. Di antaranya:

 1.              Jeruk nipis, jahe dan madu
Cara membuatnya, ketiga bahan tersebut dicampur dalam satu gelas dengan air hangat lalu diaduk rata dan langsung diminum.

2.               Ketumbar dan susu
Caranya adalah satu sendok teh ketumbar yang disangrai terlebih dulu dihaluskan. Lalu, dicampur dengan segelas susu hangat dan segera minum. Kemudian, berbaring sebentar agar perut terasa nyaman.

3.              Jahe, teh, dan madu
Jahe dimemarkan dulu sebelumnya, kemudian masukkan dalam gelas dan beri teh panas. Diamkan sebentar sampai hangat, beri madu agar manis, lalu minum. Obat ini rasanya juga sangat nikmat.

4.               Teh chamomile
Selain populer digunakan untuk tidur lebih nyenyak, teh chamomile juga dapat membantu mengatasi perut kembung dan mual. Obat perut kembung dan mual ini sebaiknya diminum secara teratur untuk menenangkan perut.

5.               Kompres dengan air hangat

6.              Konsumsi buah pepaya dan nanas karena kedua buah tersebut mengandung enzim yang bisa                memecah makanan dan membuat  pencernaan lebih mudah. Sehingga bisa mencegah perut                  kembung.


Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search