Tuesday, August 13, 2019

Ngidam Bagi Ibu Hamil

Ngidam Bagi Ibu Hamil


Ngidam memang sering dirasakan oleh ibu hamil, terutama di awal kehamilannya. Ngidam adalah keadaan yang mana seorang ibu hamil menginginkan konsumsi apa saja yang terlintas di pikiran. Ada yang ingin makan serba manis, ada juga yang makanan asin atau bahkan pedas.

Mengapa ibu hamil mengalami ngidam?

Berdasarkan medis dan ilmiah, tidak ada istilah ngidam. Akan tetapi, ada beberapa teori yang membahas masalah ngidam ini. Salah satunya adalah adanya perubahan hormonal dalam tubuh ibu hamil, sehingga membuat indera penciuman dan perasa menjadi lebih sensitif.

Lalu, ada lagi teori lain yang mengatakan kalau keinginan konsumsi sesuatu itu karena tubuh ibu hamil mengalami kekurangan nutrisi tertentu. Jadi, bukan makanan yang diinginkan, melainkan nutrisi yang ada dalam makanan tersebut.


Kemudian, apakah ngidam itu harus selalu dituruti ataukah diabaikan?

Menurut orang tua zaman dulu orang ngidam itu harus dituruti, karena jika tidak maka anaknya akan ngileran (istilah jawa), yaitu kondisi di mana si anak akan selalu mengeluarkan air liur. Namun, bagaimana menurut medis atau ilmiah? Ternyata itu hanyalah mitos. Bayi memang akan selalu mengeluarkan air liur dan menetes, sebab belum bisa membuangnya sendiri. Selain itu, air liur atau saliva memang diproduksi di mulut. Fungsinya untuk membantu pencernaan kimiawi saat mengunyah makanan.

Menurut medis ibu hamil pun harus mengabaikan rasa ngidam itu jika berbahaya bagi diri sendiri dan janin. Pun sebaiknya tidak menuruti ngidam makanan yang kandungan gizinya buruk. Juga untuk makanan yang kandungan kalori dan lemaknya tinggi. Sebab, bisa memicu pertambahan berat badan yang tidak normal. Akan tetapi, jika mengalami ngidam makanan yang gizinya sangat tinggi, maka dianjurkan untuk dituruti. Semua dilakukan demi kebaikan kandungan dan janinnya.

Kebanyakan wanita hamil akan menjadikan kehamilannya sebagai senjata pamungkas bagi dirinya. Karena ibu hamil itu seperti ratu, apa pun yang diinginkan pasti dituruti. Padahal sebenarnya tidak baik seperti itu.


Ada beberapa aturan sebelum menuruti keinginan ibu hamil, di antaranya:

 1.      Porsi makan ibu hamil. Selalu perhatikan porsi makanan yang diidamkan, karena jika berlebihan  maka akan menimbulkan berat badan yang berlebih dan itu tidak boleh. Ibu hamil yang kelebihan berat badan akan mengalami diabetes.
2.    Hindari makan daging, seafood, dan telur yang tidak dimasak atau yang dimasak setengah matang. Karena berbahaya bagi janin.
3.          Hindari susu dan olahannya yang tidak dipasteurisasi.
4.          Hindari alkohol.

Lalu, bagaimana cara menyiasati ngidam yang terlalu sering? Ibu hamil harus selalu memerhatikan pola makan agar teratur, supaya tidak memicu turunnya gula darah. Juga carilah makanan pengganti yang lebih rendah kalori.


Penyebab ngidam yang berbahaya dan perlu diwaspadai, antara lain:

      a.    Tubuh kekurangan gizi
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau ngidam adalah tubuh butuh nutrisi. Jadi, ketika mengalami kekurangan zat besi,  maka ibu hamil akan ngidam makanan atau minuman yang mengandung zat besi. Karena itulah ngidam yang seperti ini harus diwaspadai dan dituruti.

b.      Perubahan hormon
Penyebab ngidam yang paling umum pada wanita hamil karena terjadinya perubahan hormon di dalam tubuh. Peningkatan kadar hormon-hormon kehamilan seperti progesteron dan human Chorionic Gonadotropin (hCG), ternyata itulah yang memiliki peran penyebab ngidam.

c.       Perubahan emosi
Penyebab ngidam selanjutnya adalah perubahan emosi. Ini banyak sekali penyebabnya, karena wanita hamil memang memerlukan tempat yang nyaman dan tenang. Maka, jika mengalami kondisi yang buruk akan ngidam.

d.      Kondisi psikologis
Kondisi psikologis ibu hamil ini sangat rentan, apalagi di awal-awal kehamilan. Perubahan hormon bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental wanita hamil. Itulah sebabnya ibu hamil jangan sampai stress.



Jadi, pada dasarnya apabila ngidam masih normal dan tidak membahayakan kesehatan boleh dituruti. Namun, jika berbahaya maka tidak perlu dituruti. Sebenarnya, memenuhi keinginan ngidam merupakan salah satu cara membuat dirinya lebih rileks.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search