Tuesday, August 13, 2019

Deteksi Dini Kanker Payudara Dengan Metode SADARI

Deteksi Dini Kanker Payudara Dengan Metode SADARI


Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa pembunuh wanita nomor satu didunia adalah kanker payudara. Kanker payudara merupakan penyakit kanker yang terjadi pada organ payudara. Kanker payudara merupakan jenis kanker yang paling umum terjadi pada wanita. Kaum pria pun juga dapat terserang kanker payudara, walaupun peluangnya sangat kecil sekitar 1 dari 1000. Pengobatan yang lazim digunakan untuk mengobati kanker payudara adalah pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun terapi radiasi. Tetapi perlu anda ketahui, pengobatan melalui kemoterapi sangat menyakitkan. Efek samping dari pengobatan kemoterapi adalah rambut menjadi rontok bahkan botak. Bahkan ada asumsi bahwa pengobatan kemoterapi hanya menunda kematian pasien kanker saja, tetapi tidak dapat mengobatinya.

Kita tentunya tidak asing dengan pepatah yang mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati. Mencegah terjadinya kanker payudara tentunya lebih baik daripada mengobatinya. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya kanker payudara adalah dengan mendeteksinya sejak dini. Jika kanker sudah dapat terdeteksi saat baru terbentuk, maka kanker tersebut akan mudah untuk disembuhkan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini adalah metode SADARI atau periksa payudara sendiri. Pemeriksaan payudara sendiri secara rutin dapat menjadi cara penting utnuk menemukan kanker payudara sejak dini sehingga dapat diobati dan dihilangkan dengan mudah. Pemeriksaan payudara sendiri merupakan salah satu langkah kunci yang harus anda lakukan demi menjaga kesehatan anda.

Salah satu tanda dari kanker payudara adalah adanya benjolan yang tidak lazim pada payudara anda. Menemukan benjolan pada payudara sebelum kanker menyebar keseluruh tubuh dapat menjadi penyelamat anda dari penyakit kanker yang ganas. American Cancer Society menyatakan bahwa pemeriksaan payudara sendiri dapat membuat anda mengetahui apakah payudara anda normal dan baik - baik saja ataukah terdapat kelainan pada payudara anda. Selain itu, 20% kanker payudara ditemukan dari pemeriksaan fisik bukan melalui mammografi. Jadi, tidak ada salahnya jika anda mulai memeriksa payudara anda sendiri, sehingga ketika ditemukan benjolan yang tidak lazim pada payudara anda, anda bisa langsung memeriksakannya ke dokter anda.



Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk melakukan deteksi atau pemeriksaan dini pada payudara anda, yaitu :

1. SADARI ketika mandi

Ketika anda mandi, anda dapat memeriksa payudara anda dengan meraba seluruh areanya dari atas hingga bawah. Anda dapat menggunakan tiga jari utama yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Agar lebih mudah dan tidak terasa sakit, periksalah payudara anda dalam keadaan licin atau sedang disabuni. Kemudian rabalah payudara anda dengan gerakan melingkar mulai dari area terluar dekat ketiak hingga ke tengah putting. Rasakan apakah ada benjolan atau perubahan tekstur pada payudara yang sebelumnya tidak pernah ada.


2. SADARI dengan bercermin

Setelah anda melepas seluruh pakaian anda bagian atas, lalu berdirilah didepan cermin dengan posisi kedua tangan disamping tubuh. Amati dengan seksama dan perlahan mengenai beebrapa poin berikut ini :
  • Perubahan pada bentuk, ukuran, serta posisi kedua payudara simetris atau tidak.
  • Adanya lekukan atau tidak.
  • Kondisi putting masuk atau keluar.
  • Kerutan pada payudara.
  • Adanya benjolan abnormal pada payudara.

Mulailah dengan mengangkatsalah satu tangan keatas pada bagian payudara yang ingin diperiksa, lalu tangan satunya bertugas untuk meraba seluruh bagian payudara. Lakukan secara bergantian dengan tangan yang satunya. Periksa bagian putting dengan membentuk gerakan memutar, lalu dilanjutkan dengan menelusuri bagian atas payudara tepat didekat tulang selangka, kemudian diarea tulang dada hingga ke dekat ketiak. Terakhir, remas perlahan bagian putting guna memeriksa jika keluar suatu cairan abnormal dari putting.


3. SADARI sambil berbaring


Saat berbaring, jaringan payudara akan menyebar secara merata pada dinding dada anda. Kemudian, letakkan bantal dibawah bahu kanan dengan tangan berada dibelakang kepala. Dengan menggunakan tangan kiri anda, gerakkan tiga jari utama yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Gerakkan jari - jari tersebut ke area payudara anda dengan lembut dan dengan gerakan melingkar kecil yang menutupi seluruh area payudara dan ketiak. Gunakan tekanan ringan, sedang, dan kuat saat menekan area payudara. Cubit putting susu perlahan kemudian periksa apakah ada cairan yang keluar atau adakan benjolan. Ulangi langkah yang sama untuk payudara satunya. Jangan lupa, selain area payudara periksa juga area atas dada yaitu tulang selangka dan area dekat ketiak.



Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search