Tuesday, August 13, 2019

Ketahui Beberapa Sayuran Yang Dapat Meningkatkan Kualitas ASI

Ketahui Beberapa Sayuran Yang Dapat Meningkatkan Kualitas ASI


Kebutuhan nutrisi yang memadai bagi seorang ibu tidak hanya berhenti saat proses kehamilan saja, tetapi kebutuhan juga harus tercukupi saat proses menyusui. Jika kebutuhan nutrisi ibu tidak tercukupi saat masa menyusui, maka ASI yang dihasilkan menjadi tidak berkualitas dan kekurangan zat gizi. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada pertumbuhan dan kesehatan bayi. Pada beberapa bulan pertama setelah melahirkan, nutrisi bayi masih harus bergantung pada ASI seorang ibu dan masih belum boleh diberikan nutrisi lain, sehingga apabila ASI yang dihasilkan oleh ibu tidak berkualitas, maka pertumbuhan bayi juga dapat terganggu. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas ASI adalah dengan mencukupi zat gizi. Zat gizi dapat diperoleh dari sumber makanan baik bersumber dari hewani maupun nabati.

Sayuran merupakan salah satu sumber zat gizi yang penting yang dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI.


Berikut ini merupakan beebrapa pilihan sayuran terbaik yang dapat meningkatkan kualitas ASI seorang ibu, yaitu :

1. Bayam

Jika and apernah mengalami pendarahan saat melahirkan, maka mengkonsumsi sayuran yang menjadi sumber zat besi seperti bayam merupakan solusinya. Hai ini karena bayam dipercaya efektif untuk menambah kadar zat besi dalam tubuh karena bayam mengandung kadar zat besi dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini pun berlanjut dimasa menyusui. Beberapa jenis sayuran hijau berdaun gelap termasuk bayam, kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, serta vitamin C yang baik untuk ibu dan bayi. Bahkan, kandungan antioksidan dalam bayam dipercaya rendah kalori dan bisa menyehatkan jantung. Selain itu, fitoestrogen yang terdapat pada bayam memiliki efek positif terhadap kelancaran produksi ASI.

2. Bawang putih

Selain dapat melezatkan cita rasa suatu masakan, ternyata bawang putih juga merupakan salah satu sumber galactagogue yang baik, yakni zat yang dapat membuat ASI menjadi lancar. Meskipun sebagian orang berpendapat bahwa mengkonsumsi bawang putih juga dapat mempengaruhi bau ASI tersebut. Faktanya, hal tersebut tidak berpengaruh karena makanan apapun yang anda makan tidak akan mengganggu rasa alami dari ASI. Suatu penelitian justru menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih bisa membantu bayi agar menyusu lebih lama.

3. Wortel

Wortel merupakan sayuran yang memiliki warna oranye yang cerah dan menarik. Sayuran yang terkenal dengan kandungan vitamin A-nya ini ternyata kaya akan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin K, dan kalium. Betakaroten merupakan antioksidan alami yang terdapat dalam wortel yang sangat dibutuhkan selama masa menyusui.

4. Daun katuk


Daun katuk memang sudah terkenal akan khasiatnya dalam meningkatkan produksi ASI. Hal ini pun semakin diperkuat dengan terbitnya sebuah penelitian dari badan penelitian dan pengembangan kementrian kesehatan RI, yang menyatakan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui mampu memperbanyak sekaligus memperlancar produksi ASI. Kandungan yang terdapat pada daun katuk dapat meningkatkan produksi ASI dan juga member anda dan bayi anda nutrisi yang penting seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, dan lainnya. Selain mengkonsumsi sayur - sayuran, anda juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi buah - buahan, lemak sehat, biji - bijian, dan berbagai sumber makanan sehat lainnya.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search