Tuesday, August 13, 2019

Gentamicin : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Akibat Bakteri

Gentamicin : Obat Untuk Mengatasi Infeksi Akibat Bakteri


Bakteri merupakan organisme terkecil yang menyusun kehidupan di muka bumi. Ada jutaan jenis bakteri yang tersebar di dunia, yang kemudian dikelompokkan menjadi 2 jenis besar yaitu bakteri yang berguna/ bermanfaat dan bakteri yang tidak berguna. Jenis bakteri yang berguna atau bermanfaat merupakan bakteri yang memiliki peranan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia seperti dalam pembuatan yoghurt, penghasil gas, dan sebagainya. Sedangkan, bakteri yang tidak berguna merupakan bakteri yang tidak memiliki peranan dalam kehidupan dan cenderung dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti bakteri penyebab tuberculosis, bakteri penyebab diare, dan sebagainya.

Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi akibat bakteri adalah gentamicin. Gentamicin merupakan obat yang umum digunakan untuk mencegah atau mengobati infeksi akibat bakteri. Gentamicin termasuk kedalam golongan obat antibiotic aminoglikosida. Obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan bakteri. Gentamicin juga dikenal sebagai obat anti mikroba yaitu obat yang bekerja untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri baik pada manusia maupun pada hewan. Obat antibiotic bekerja dengan cara membunuh bakteri atau membuat bakteri sulit untuk tumbuh dan berkembang biak.

Gentamicin diberikan dengan cara menyuntikan obat ke vena atau otot sesuai anjuran dokter, biasanya diberikan setiap 8 jam sekali. Dosis obat diberikan berdasarkan kondisi kesehatan, berat badan, tes laboratorium, dan respon terapi anda. Jika terlihat adanya perubahan warna atau tekstur pada obat ini, maka hentikanlah penggunaannya. Antibiotik bekerja dengan baik saat jumlah obat didalam tubuh anda tetap dalam kadar yang konstan. Jadi, selalu gunakan obat ini pada waktu dan interval yang sama setiap hari. Gentamicin merupakan jenis obat yang paling baik disimpan pada suhu ruangan. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung, dan jangan menyimpannya pada tempat yang lembab.


Dosis gentamicin untuk orang dewasa
  • Dosis dewasa untuk bakteremia. 1,5 - 2 mg/kg loading dose, diikuti 1 - 1,7 kg intravena setiap 8 jam atau 5 - 7 mg/kg intravena setiap 24 jam.
  • Dosis dewasa untuk endocarditis bacteria. 1,5 mg/kg sekali dalam 30 menit sebelum memulai prosedur.
  • Dosis dewasa untuk infeksi bakteri. 1,5 - 2 mg/kg loading dose, diikuti 1 - 1,7 mg/kg intravena setiap 8 jam atau 5 - 7 mg/kg setiap 24 jam.
  • Dosis dewasa untuk brucellosis. 2 mg/kg loading dose, diikuti 1,7 - 2 mg/kg intravena  setiap 8 jam.


Dosis gentamicin untuk anak - anak
  • Usia 0 - 4 minggu, dengan bb lahir kurang dari 2 kg diberikan dosis 2,5 mg/kg melalui infuse atau suntikan 18 - 24 jam.
  • Untuk usia 0 - 1 minggu, dengan bb lahir lebih dari 2 kg berikan dosis 2,5 mg/kg intravena setiap 12 jam.
  • Usia 1 bulan lebih dapat diberikan dosis 1 - 2,5 mg/kg setiap 8 jam.


Efek samping

Sama seperti jenis obat - obatan lain, genta micin juga dapat menimbulkan efek samping. Tetapi, tidak semua orang dapat merasakan efek samping tersebut. Berikut ini merupakan beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan obat gentamicin, yaitu :
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit perut
  • Tidak nafsu makan




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search