Tuesday, August 13, 2019

Ketahui Perubahan Tubuh Yang Terjadi Saat Mengkonsumsi Pil KB

Ketahui Perubahan Tubuh Yang Terjadi Saat Mengkonsumsi Pil KB


Pil KB merupakan salah satu metode yang ampuh yang sering digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan. Program KB sendiri merupakan program keluarga berencana yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk dan mencegah terjadinya ledakan penduduk. Penggunaan pil KB untuk mencegah kehamilan memang terbukti ampuh, tetapi ada hal yang harus dibayar, yaitu terjadinya perubahan fisik maupun bentuk tubuh. Salah satu efek samping dari penggunaan pil KB yang sering kita dengar adalah naiknya berat badan. Tetapi, ada beberapa perubahan lain yang terjadi pada tubuh wanita ketika menggunakan pil KB.

Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi wanita yang bekerja dengan cara mempengaruhi hormone estrogen pada wanita. Kebanyakan pil KB mengandung hormone buatan yakni perpaduan antara hormone estrogen dan progestin. Keduanya ini dibuat semirip mungkin dengan hormone alami yang ada pada tubuh wanita. Ada juga jenis pil KB yang hanya mengandung satu jenis hormone saja yang sering disebut dengan pil KB mini. Hal ini dikarenakan ada beberapa wanita yang tidak cocok bila mengkonsumsi estrogen, sehingga pil KB jenis progestin lebih cocok untuknya. Oleh karena itu, untuk mengetahui pil KB mana yang cocok untuk anda, maka anda harus mengkonsultasikannya dekan dokter anda sebelum menggunakan pil KB.


Berikut ini merupakan beberapa perubahan tubuh yang dapat terjadi akibat penggunaan pil KB, yaitu :

1. Tubuh lebih terlindung dari beberapa jenis kanker

Ada beberapa jenis pil KB yang memberikan perlindungan ekstra dari kanker rahim dan kanker ovarium. Terlebih jika semakin lama mengkonsumsi pil KB jenis ini, maka efek protektifnya akan semakin menguat. Hal ini diduga karena pengurangan masa ovulasi berkaitan dengan terjadinya penurunan risiko kanker rahim dan ovarium.


2. Bertambahnya nafsu makan

Pil KB dengan dosis estrogen tinggi merupakan jenis pil KB yang dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Tentunya dengan meningkatnya nafsu makan, maka asupan makanan kedalam tubuh pun ikut meningkat dan menyebabkan kenaikan berat badan.


3. Jerawat berkurang

Menurut penelitian, ada pil KB kombinasi yang mengandung jenis progesterone tertentu yang ramah bagi kulit. Kandungan progesterone tersebut mampu mengurangi produksi sebum sehingga dapat menekan pertumbuhan jerawat. Jika pil KB yang anda konsumsi mengandung jenis progesterone tersebut, maka akan berdampak ramah pada kulit anda serta dapat membantu mengurangi jerawat.


4. Berkurangnya nyeri haid


Pil KB dapat menghambat pertumbuhan dinding rahim pada wanita. Maka ketika seorang wanita mengkonsumsi pil KB saat sedang haid, peluruhan dinding sel rahim tidak terasa berat karena dinding rahim lebih tipis. Kondisi inilah yang membuat berkurangnya rasa sakit saat menstruasi.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search