Tuesday, August 6, 2019

Ketahui Bahan Alami Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas ASI

Ketahui Bahan Alami Yang Dapat Meningkatkan Produktivitas ASI


Lancarnya pemberian ASI kepada sang buah hati merupakan keinginan terbesar bagi setiap ibu menyusui. Dengan lancarnya pemberian ASI, maka gizi buah hati pun dapat terpenuhi. Akhir - akhir sedang menjadi tren dikalangan kaum ibu untuk memberikan ASI ekslusif kepada bayinya. ASI ekslusif merupakan pemberian ASI tanpa pemberian makanan maupun minuman tambahan pada bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan. ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat ASI diantaranya :
  • Meningkatkan kecerdasan bayi.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mengurangi risiko obesitas.
  • Mengurangi risiko kanker.
  • Mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernafasan dan diare.
  • Membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah gelisah.
  • Mengurangi terjadinya alergi pada bayi.

Guna menjamin ketersediaan ASI, seorang ibu menyusui diharapkan untuk mengkonsumsi bahan - bahan makanan maupun minuman yang dapat meningkatkan produksi ASI. Bahan - bahan makanan maupun minuman yang digunakan untuk meningkatkan produksi ASI disebut dengan ASI booster. Kini, sudah banyak produk ASI booster yang beredar dipasaran, biasanya dijual dalam bentuk cair maupun minuman kemasan. Tetapi, jika anda mengkhawatirkan kehigienisan ASI booster yang ada di pasaran, anda juga dapat mengkonsumsi bahan - bahan alami yang dipercaya dapat meningkatkan produktivitas ASI. 


Berikut ini merupakan beberapa makanan dan minuman yang dipercaya dapat meningkatkan produktivitas ASI, yaitu :

1. Bayam dan bit

Daun bayam dan buah bit menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai ASI booster alami. Keduanya sama - sama mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat. Komponen - komponen ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui, terutama pada ibu yang memiliki riwayat anemia. Dengan memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat, tentunya akan membuat bayi menjadi lebih kuat.

2. Wortel

Selain buah bit, ternyata wortel juga dapat dimanfaatkan sebagai ASI booster alami. Wortel diketahui dapat memberikan menfaat berupa meningkatkan produktivitas ASI pada ibu menyusui. Hal ini karena adanya kandungan vitamin A dalam wortel. Anda dapat mengolah wortel menjadi jus yang menyegarkan maupun menjadi semangkuk sup yang lezat.

3. Pepaya muda

Selain digunakan untuk mengatasi sembelit dan memperlancar buang air besar, buah papaya terutama yang masih muda dikenal memiliki khasiat sebagai ASI booster alami. Pepaya muda diketahui dapat meningkatkan produksi oksitosin dalam tubuh ibu menyusui, sehingga produksi ASI pun semakin meningkat.

4. Pare

Sayuran yang dikenal akan rasa pahitnya dan sering diolah menjadi siomay ini ternyata dapat digunakan juga sebagai pelancar ASI alami. Pare merupakan salah satu sumber asam folat yang kaya akan fitonutrien. Komponen ini diyakini dapat meningkatkan produktivitas ASI bagi ibu menyusui.

5. Ikan salmon


Ikan menjadi menu wajib yang harus dikonsumsi secara rutin oleh ibu menyusui. Salah satu jenis ikan yang diyakini dapat menjadi ASI booster alami adalah ikan salmon. Ikan salmon merupakan salah satu sumber asam lemak esensial dan asam lemak omega 3 yang baik untuk melancarkan produksi ASI. Kandungan ini juga diyakini meningkatkan komponen penyusun ASI sehingga dapat meningkatkan kualitas ASI yang dihasilkan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search