Tuesday, August 6, 2019

Ketahui Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil

Ketahui Manfaat Madu Bagi Ibu Hamil


Madu merupakan salah satu minuman penunjang kesehatan yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Madu kaya akan berbagai kandungan zat gizi seperti asam amino, gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan beragam kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfur, dan mangan. Selain itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain, yaitu kandungan antibiotic yang ada pada tiap tetesnya. Hal itulah yang membuat madu menjadi sumber energy yang sangat baik untuk ibu hamil.


Berikut ini merupakan beberapa manfaat madu untuk ibu hamil, yaitu :
  • Meningkatkan daya tahan tubuh. Madu merupakan cairan yang bersifat antibacterial dan antioksidan. Hal inilah yang membuat madu baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Madu juga dapat mengobati luka, memar, dan luka bakar ringan.
  • Meredakan heartburn. Heartburn atau sakit pada uluhati merupakan salah setu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil. Madu memiliki khasiat dapat meredakan heartburn, karena madu dapat menetralisir asam lambung.
  • Mengurangi insomnia. Madu dapat memberikan aksi hipnotis yang dapat memudahkan untuk tidur nyenyak.
  • Menyembuhkan batuk. Madu mengandung zat antivirus yang dapat melawan berbagai virus penyebab flu dan batuk.
  • Mengobati sakit tenggorokan. Madu mengandung zat anti bengkak yang baik untuk melawan sakit, iritasi, atau gatal di tenggorokan.

Walaupun madu memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, jika dikonsumsi secara berlebihan madu juga dapat memberikan dampak negative.


Berikut ini merupakan beberapa dampak negative akibat mengkonsumsi madu secara berlebihan, yaitu :
  • Memperkuat sensitivitas insulin. Madu dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk resistensi insulin.
  • Menyebabkan kram. Madu dapat menyebabkan kram perut, diare, sembelit, dan kembung. Konsumsi madu secara berlebihan dapat membuat tubuh anda memiliki kadar asam yang tinggi dan dapat mempengaruhi saluran pencernaan hingga dapat memperlambat pencernaan makanan.
  • Mempengaruhi kesehatan gigi. Tingginya kadar gula dalam madu dapat menyebabkan gigi berlubang dan terjadi erosi gigi.

Batas aman dalam mengkonsumsi madu adalah tiga hingga lima sendok makan sehari (180 hingga 200 kalori). Kalori dari gula sederhana tidak boleh melebihi dari 10% dari total kebutuhan kalori selama masa kehamilan. 


Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus anda perhatikan saat mengkonsumsi madu, yaitu :
  • Jangan tambahkan madu dalam air panas. Hal tersebut dapat menghilangkan enzim yang bermanfaat yang terdapat pada madu. Anda dapat menambahkannya kedalam air hangat maupun susu hangat.
  • Jangan menambahkan madu pada makanan yang kaya akan vitamin D dan C karena mineral alami yang terdapat pada madu dapat merusak manfaat dari vitamin.
  • Hindari mencampur madu dengan dadih kacang karena dapat merusak manfaat dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search