Tuesday, August 6, 2019

Ketahui Manfaat Vitamin D Bagi Ibu Menyusui

Ketahui Manfaat Vitamin D Bagi Ibu Menyusui


Vitamin D merupakan salah satu vitamin atau nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk membentuk tulang dan gigi. Asupan vitamin D diperlukan untuk mendukung perkembangan tulang yang sehat dan untuk mencegah rakhitis. Rakhitis merupakan penyakit atau suatu maslaah kesehatan yang menyebabkan tulang menjadi lemah dan cacat. Vitamin D termasuk kedalam kelompok vitamin yang larut dalam lemak, sehingga membutuhkan lemak sebagai zat pelarut. Vitamin D di kenal kaya akan manfaat bagi semua golongan usia, tak terkecuali untuk ibu hamil dan menyusui. Vitamin D dipercaya dapat membantu memulihkan depresi pasca melahirkan. Dalam kasus ini, vitamin D berperan sebagai salah satu faktor yang mengatur suasana hati dan mengurangi kemungkinan kecemasan yang berlebihan.

Berikut ini merupakan beberapa sumber vitamin D yang dapat digunakan sebagai pendukung kesehatan bagi ibu menyusui, diantaranya :

1. Sinar matahari

Vitamin D merupakan jenis vitamin yang unik karena tidak hanya dapat diperoleh melalui makanan saja. Tubuh anda bahkan dapat memproduksi vitamin D sendiri, tetapi dengan bantuan sinar matahari. Itulah sebabnya anda harus meluangkan waktu selama 10 - 15 menit untuk menikmati sinar matahari langsung agar mendapatkan manfaat dari vitamin yang diproduksi oleh tubuh anda.

2. Ikan

Beberapa jenis ikan ternya diketahui mengandung vitamin D yang dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian ibu menyusui. Beberapa contoh ikan yang mengandung vitamin D adalah ikan sarden dan ikan salmon. Minyak ikan yang berasal dari hati ikan kod juga diketahui sebagai salah satu sumber vitamin D yang baik. Hal ini terbukti dengan adanya 9 - 17 mcg vitamin D didalam 100 gr ikan salmon, dan 6,8 mcg vitamin D pada 100 gram ikan sarden.

3. Jamur

Selain dapat diperoleh dari sinar matahari dan beberapa jenis ikan, vitamin D juga dapat diperoleh dari beberapa jenis jamur. Mirip seperti manusia, jamur juga memiliki kemampuan untuk mengolah paparan sinar matahari menjadi vitamin D. Terdapat beberapa jenis jamur yang dapat dikonsumsi oleh ibu menyusui diantaranya jamur shitake, jamur tiram, jamur kancing, jamur merang, dan lainnya.

4. Produk susu


Bukan hanya susu murni saja, berbagai produk turunan susupun seperti yoghurt dan keju juga kaya akan kandungan vitamin D. Produk susu dan olahannya juga mengandung beberapa zat penting lainnya seperti vitamin B, kalsium, fosfor, serta protein yang sangat bermanfaat bagi pemenuhan gizi ibu menyusui.




Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan keluarga anda. Kini, tak perlu repot lagi antri untuk berobat. Segera Download Aplikasi Rusabook sekarang juga. 

Jangan lupa follow akun sosial media kami di:
Bila ada pertanyaan bisa email ke : info@rusabook.com dan kunjungi website kami di http://www.rusabook.com

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search